IMG_0404Sebanyak 50 mahasiswa yang didampangi oleh 5 dosen Fakultas Ekonomi Universitas Musi Rawas (UNMURA) mengunjungi berkunjung ke Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) pada Jumat (15/8) dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan. Fakultas Ekonomi UII sendiri merupakan salah satu destinasi dari serangkaian kunjungan yang dilakukan untuk menambah wawasan mahasiswa UNMURA dalam bidang ilmu Akuntansi, ungkap Kusnadi Yudha Wiguna, S.E. selaku Dekan Fakultas Ekonomi UNMURA sekaligus pimpinan rombongan.

Sementara itu Dekan Fakultas Ekonomi UII, Dr. Dwipraptono Agus Harjito, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan Universitas Musi Rawas. “Kami merasa bangga dan terhormat dapat menerima kunjungan dari Universitas Musi Rawas karena Musi Rawas adalah tempat yang familier bagi Fakultas Ekonomi UII”, jelas Agus. Menurutnya, Musi Rawas familier tidak hanya karena banyak alumni UII disana, tetapi juga Bupati Musi Rawas saat ini, Dr. H. Ridwan Mukti, MH. yang sekaligus alumni FE UII memiliki ikatan emosional yang baik dengan FE UII, salah satunya ketika beliau beberapa kali menjadi donatur hadiah utama dalam beberapa penyelenggaraan jalan santai keluarga besar FE UII dalam rangka memperingati milad UII. Agus berharap di masa yang akan datang dapat terjalin kerja sama antara FE UII dengan FE UNMURA.

Senada dengan Agus, salah satu perwakilan FE UNMURA, Subianto, SE. juga mengharapkan terjalinnya kerja sama antara FE UNMURA dengan FE UII. “Kerjasama dengan perguruan tinggi yang memiliki kredibilitas seperti UII sangat kami perlukan dalam rangka mengembangkan FE UNMURA yang baru berumur 5 tahun, terlebih, Program Studi Akuntansi FE UII dinilai memiliki keunggulan dibandingkan di perguruan tinggi lain”, terang Subianto.

Selanjutnya acara Kuliah Kerja Lapangan dilaksanakan di laboratorium komputer.  Pada sesi pertama kuliah mahasiswa FE UNMURA diberikan pengenalan tentang aplikasi Enterprise Resource Planning oleh Dra. Primanita Setyono, MBA. Ak. selaku Direktur ERP Competence Center Fakultas Ekonomi UII. Prima menekankan tentang perlunya memiliki keterampilan mengapikasikan sistem ERP dalam dunia bisnis serta peluang-peluang karir yang dapat dicapai di masa yang akan datang dengan memiliki keterampilan tersebut. Kuliah sesi kedua  diisi dengan materi tentang Akuntansi Forensik yang disampaikan oleh Hendi Yogi Prabowo, SE., M.For.Accy., Ph.D. selaku Direktur Pusat Studi Akuntansi Forensik FE UII. Menurut Hendi, akuntansi forensik merupakan cabang ilmu baru dalam ilmu akuntansi yang masih sangat jarang dipelajari oleh masyarakat Indonesia. “Akuntansi forensik muncul karena adanya potensi fraud (kecurangan) yang dilakukan di suatu organisasi, untuk itu salah satu bagian dari ilmu akuntansi forensik adalah fraud examination yang menitikberatkan pada deteksi serta investigasi kecurangan dalam suatu organisasi”, jelas Hendi.

Para mahasiswa FE UNMURA terlihat sangat antusias dalam mengikuti Kuliah Kerja Lapangan ini. Diharapkan dengan adanya kunjungan ini mereka dapat memperoleh wawasan baru tentang sistem ERP dan Akuntansi Forensik, serta menjadi sarana berbagi ilmu pengetahuan antar sesama perguruan tinggi.