gambar 2Penerima doorprize dan merchandise bersama (dari kiri ke kanan) ketua panitia KSPM Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Goes to School (Hananta Wiratama), Ketua KSPM FE UII (Bayu Sadewa), Guru SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta (Umi), Kepala Pengawas Bank 1 OJK Yogyakarta (Heru Prasetyo), Kepala PT Bursa Efek Indonesia kantor perwakilan Yogyakarta (Irfan Noor Riza), Analis PT Mandiri Sekuritas cabang Yogyakarta (Yogiswara).

Maraknya investasi bodong beberapa tahun ini menandakan masih kurangnya pengetahuan tentang cara berinvestasi yang baik dan benar. Dalam rangka menambah pengetahuan  tentang investasi yang baik tersebut,  Kelompok Studi Pasar Modal Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (KSPM FE UII) mengadakan roadshow kegiatan KSPM FE UII Goes to School, bekerjasama dengan stakeholder pasar modal yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Bursa Efek Indonesia (BEI), dan PT. Mandiri Sekuritas ke beberapa SMA Negeri di Yogyakarta.

Acara ini dimulai tanggal 22 Oktober 2014 hingga Januari 2015, dimulai dari SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta. Dalam kesempatan ini acara dibuka oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Teladan yaitu Bapak Rudy Prakanto dan dilanjutkan dengan pemaparan narasumber dari OJK , BEI Perwakilan Yogyakarta dan PT. Mandiri Sekuritas . Kepala pengawas bank 1 OJK wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Heru Prasetyo mengatakan “Sosialisasi ini sangat dibutuhkan agar masyarakat mengetahui tempat berinvestasi yang benar berada di bawah pengawasan OJK”. Dalam kesempatan ini OJK juga menguji coba layanan pengaduan nasabah di call center OJK dengan memberi kesempatan peserta yang hadir yaitu saudara Ilham untuk menanyakan perihal perusahaan yang dianggap melakukan penipuan melalui sambungan tersebut.

Sementara kepala PT Bursa Efek Indonesia kantor perwakilan Yogyakarta, Irfan Noor Riza memaparkan “Indonesia adalah negara yang sangat potensial di masa mendatang dalam perkembangan Investasi langsung di Pasar Modal, terbukti dengan meningkatnya nilai IHSG di BEI”. Hal senada juga diungkapkan melalui data online yang disampaikan Yogiswara, perwakilan dari PT. Mandiri Sekuritas cabang Yogyakarta.

Ketua panitia penyelenggara Hananta Wiratama menyatakan “karena masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak paham mengenai pasar modal, maka diperlukan edukasi dan sosialisasi pasar modal sejak dini. Bandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia yang 10% dari jumlah penduduknya berinvestasi di pasar modal” lanjutnya.

Kegiatan KSPM FE UII Goes to School yang berlangsung pada hari Rabu, 22 Oktober 2014 di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta sekaligus menjadi launching KSPM FE UII Goes to School yang menargetkan lebih dari 6 SMA Negeri di Yogyakarta yang terbagi menjadi 2 tahap. Dengan acara seperti ini diharapkan nantinya masyarakat akan lebih memahami investasi yang baik dan benar. Khusus bagi para pelajar, untuk meraih sukses di usia muda, kenapa tidak? Asal tahu caranya. Pahami resikonya, nikmati keuntungannya.