IMG_2211Sabtu (20/12) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) mengadakan pelatihan penulisan jurnal. Pelatihan ini diberikan khusus bagi mahasiswa penerima beasiswa unggulan BPKLN KEMENDIKBUD RI dan sebagai bentuk kontribusi Fakultas dalam membantu mahasiswa-mahasiswi FE UII dalam membuat karya ilmiah. Bertempat di ruang 1/4 Gedung Prof.Ace Partadiredja FE UII, acara ini dibuka oleh Dekan FE UII Dr. Agus Hardjito, M.Si. Pelatihan penulisan jurnal ini diselenggarakan karena salah satu persyaratan menerima beasiswa ini adalah menulis artikel di koran atau media lainnya. Dalam sambutannya, Agus Hardjito mengatakan, “Pada hari ini kita beri pengetahuan, motivasi terlebih dahulu untuk bekal kalian menulis. Ambillah sebanyak-banyak ilmu dari kegiatan ini.”

Materi pelatihan penulisan jurnal ini disampaikan oleh 3 pembicara yaitu Dr. Agus Hardjito, M.Si, Dr. Jaka Sriyana, SE., M.Si dan Hendi Yogi Prabowo, SE, MforAccy, PhD. Pemateri pertama, Agus Harjito memberikan pengetahuan mengenai langkah awal dalam penulisan jurnal, yaitu memotivasi diri sendiri. Motivasi merupakan syarat pertama untuk menulis, ketika sudah ada motivasi maka akan timbul kemauan untuk menulis. Selain itu, Agus Hardjito juga menerangkan kiat-kiat menulis yang baik seperti ide yang bagus dan penggunaan bahasa yang benar. Pada pemateri kedua yaitu Jaka Sriyana menyampaikan tentang berbagai aspek penulisan artikel untuk jurnal seperti bagaimana ejaannya, struktur kalimat dan kaidah bahasa. Untuk pemateri yang terakhir, Hendi Yogi Prabowo, SE, MforAccy, PhD, memberikan strategi-strategi yang bisa membangun motivasi untuk publikasi karya tulis internasional. Selain itu, Hendi juga memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk mau menghasilkan karya tulis. “Mahasiswa gaul itu adalah mahasiswa yang menulis dan diterbitkan.”, tutur Hendi di sela-sela penyampaian materinya.

Program pelatihan penulisan ini lebih menekankan terhadap motivasi kepada para mahasiswa-mahasiswi FE UII untuk mau menulis atau menghasilkan karya tulis seperti jurnal, artikel, maupun karya ilmiah. Dengan pelatihan ini diharapkan bisa membantu para mahasiswa dalam menulis artikel jurnal maupun karya ilmiah. Acara ini akan berlanjut dengan serangkaian acara pelatihan lain yaitu workshop penulisan di koran pada tanggal 10 Januari 2015. “Mahasiswa, ayo kita Menulis”, ucap Agus Hardjito memberikan kata penutup.