IMG_9681Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia menggelar Expo dan Workshop Kewirausahaan yang bertajuk Creative Enterpreneur goes to MEA 2015. Acara ini diselenggarakan untuk pertama kalinya oleh Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Acara yang berlangsung dari tanggal 15-17 Desember 2014 ini bertujuan untuk merangsang semangat kewirausahaan bagi para mahasiswa. Diramaikan oleh stand-stand expo kewirausahaan yang bertempat di Hall Tengah dan Workshop Kewirausahaan yang bertempat di Aula Utara Gedung Prof. Ace Partadiredja Kampus Fakultas Ekonomi UII.

Kegiatan Expo dan Kewirausahaan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. D Agus Hardjito, M.Si. Agus Hardjito, dalam sambutannya menekankan pentingnya sebuah kewirausahaan untuk lebih berkembang di Indonesia. “Kemampuan perekonomian suatu negara bisa dinilai dari kewirausahaan, maksudnya adalah keberhasilan masyarakat dalam berwirausaha di negara tersebut”, paparnya. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi, Akhsyim Afandi. “Setidaknya 25 juta penduduk Indonesia harus berwirausaha agar tingkat perekonomian Indonesia menjadi lebih baik sehingga siap menghadapai MEA 2015”, terang Akhsyim Afandi dalam sambutannya membuka acara Expo dan Workshop Kewirausahaan tersebut. Selain itu, Akhsyim juga menerangkan bahwa kewirausahaan merupakan pekerjaan yang paling baik. “Rasul berkata pekerjaan yang paling baik adalah pekerjaan yang dikerjakan tangannya sendiri dan perdagangan”, imbuhnya memberi penjelasan. Oleh karena itu, Akhsyim mengharapkan mahasiswa-mahasiswi Universitas Islam Indonesia bisa mulai belajar dan memiliki semangat berwirausaha, karena mengingat Universitas Islam Indonesia sendiri erat dengan embel-embel Islam yang sangat menekankan kewirausahaan.

IMG_9683Acara workshop kewirausahaan ini berlangsung selama 3 hari  diisi oleh pembicara-pembicara yang juga seorang wirausahawan dalam berbagai bidang. Hari pertama acara ini, Workshop diisi oleh 3 pembicara, yaitu Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DIY, Saptya Eka Raharja (Owner Bebek Brontak), dan Sandhi Hidayat (Owner Capuccino Cincau). Hari kedua mendatangkan pembicara Erry Febianto (Owner Rumah Jogya Indonesia), Mega Puspita ( Owner Syaqilla Butik), dan Arif Eko Pratono (IGOS Nusantara). Dan di hari terakhir rangkaian acara kewirausahaan ini, pembicara workshop diisi oleh Ketua MUI DIY, Jody Brotosuseno (Owner Waroeng Steak & Shake), dan Budi Agus Riswandi (Direktur Pusat HKI UII). Pembicara-pembicara yang mengisi acara workshop tersebut adalah wirausahawan yang memulai bisnis sejak mereka berada di bangku kuliah, hingga sekarang bisnis mereka mulai berkembang. Hal ini bisa memotivasi peserta workshop untuk menumbuhkan semangat berwirausaha, karena dengan berwirausaha dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Sehingga dapat menjadi bekal dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015 nanti.

Rangkaian acara kewirausahaan ditutup pada tanggal 17 Desember 2015 sekitar pukul 11.30 wib. Diharapkan dengan kegiatan selama 3 hari ini dapat menumbuhkan semangat berwirausaha dalam diri mahasiswa-mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Selain itu, karena kegiatan acara ini baru terselenggara untuk pertama kalinya, diharapkan Program Studi Ilmu Ekonomi dapat menyelenggarakan acara bertajuk kewirausahaan secara rutin setiap tahun.