pelatihan jurnalSabtu (10/1) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) kembali mengadakan pelatihan penulisan jurnal dan artikel bagi para penerima beasiswa unggulan BPKLN (Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri) Kemendikbud. Pelatihan ini merupakan kelanjutan pelatihan yang diadakan sebelumnya 20 Desember 2014 lalu untuk memenuhi salah satu syarat bagi penerima beasiswa tersebut yaitu menulis jurnal atau artikel yang dimuat di media massa. Pada pelatihan kali ini, Fakultas lebih menekankan bagaimana menulis artikel atau jurnal di media massa serta memberikan tips and trik agar artikel atau jurnal yang dibuat oleh mahasiswa dapat tembus dimuat di sebuah koran atau media massa.

Acara berlangsung di ruang P1/2 Gedung Prof. Dr. Ace Partadiredja FE UII dan dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Ekonomi, Drs. Suharto M.Si. “Kegiatan ini penting dalam rangka memenuhi kewajiban penerima beasiswa selain itu juga sebagai aktualisasi diri kita sebagai calon pemimpin”, tekan Suharto dalam memberi sambutan. Fakultas akan terus mencoba menjembatani kegiatan penulisan ini. Selanjutnya Suharto memberikan materi yang sebagian besar berisi motivasi untuk mau menulis kepada mahasiswa. Selain itu, wakil dekan yang dikenal low profile ini juga memberikan teknik menulis dan tips agar artikel tembus ke media/koran.

Pada acara pelatihan kali ini fakultas mendatangkan langsung pemateri yang ahli dalam bidangnya yakni Jayadi Kasto Kastari selaku Redaktur Harian Kedaulatan Rakyat.  Redaktur yang akrab disapa pak Jayadi ini lebih banyak menceritakan pengalaman-pengalamannya dalam menulis berbagai artikel maupun cerpen. “Kalau ingin menulis di media massa, pelajari dulu karakteristik media massa dengan membaca atau mempelajari rubrikasinya dulu”, ucap Jayadi memberikan saran. “Selain itu menulislah sesuai disiplin ilmu. Kalau kalian berasal dari ekonomi, maka tulislah hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi”, lanjutnya.

Kelanjutan dari acara pelatihan ini tentunya masih diharapkan. Dalam kurun waktu 1 bulan lagi pihak fakultas mengharapkan para mahasiswa penerima beasiswa sudah mempunyai artikel yang siap dipublish di media massa. Fakultas Ekonomi akan terus mencoba menjembatani dan memberikan fasilitas dalam pencapaian mahasiswa untuk membuat artikel.