UII-USIMDalam rangka menuju pencapaian World Class University, Universitas Islam Indonesia selalu berikhtiar untuk mewujudkan internasionalisasi dalam bidang pendidikan, salah satunya melalui kerjasama dengan perguruan tinggi atau institusi lainnya di luar negeri. Kerjasama dengan perguruan tinggi lain dirasa sangat relevan dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, yang menuntut adanya peningkatan kualifikasi Sumber Daya Manusia yang merupakan tugas utama Perguruan Tinggi, sehingga lulusannya kelak mempunyai daya saing yang kuat, setidaknya di negeri sendiri.

Salah satu kerjasama yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas mahasiswa adalah program pertukaran pelajar dengan Perguruan Tinggi di luar negeri. Hal inilah yang menjadi bahasan dalam pertemuan antara perwakilan Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) dengan beberapa pimpinan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia di gedung Prof. Dr. Ace Partadiredja (16/2). Pertemuan antara USIM dan UII ini bukanlah yang pertama kalinya karena sebelumnya pada akhir 2014, kedua belah pihak telah menandatangani Nota Kesepahaman dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada pertemuan kali ini perwakilan USIM yang dipimpin oleh Dr. Siti Nurazira Mohd Daud selaku Deputy Dean (Academic and Research) dan didampingi oleh Dr. Syadiyah Abdul Shukor, Mrs. Norhaziah Nawai dan serta Mrs Nuraina Hanipah bermaksud untuk mendiskusikan penyetaraan kualifikasi beberapa mata kuliah yang dapat dimasukkan dalam program pertukaran pelajar antara USIM dan UII yang nantinya akan dituangkan dalam Memorandum of Agreement (MoA).

Dekan FE UII, Dr. D. Agus Harjito, M.Si. dalam sambutannya  menyampaikan harapannya agar program pertukaran pelajar ini bisa berjalan mulai tahun ajaran baru 2015/2016. Menanggapi hal tersebut, Dr. Siti Nurazira juga sepakat untuk merealisasikan program pertukaran pelajar pada tahun ajaran mendatang untuk segera merealisasikan nota kesepahaman yang telah ditandatangani sebelumnya. Tampak pula hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Dekan FE UII, Suharto, S.E., M.Si dan para Ketua dan Sekretaris Program Studi di lingkungan FE UII termasuk pimpinan Program Internasional.

Hasil pada pertemuan ini adalah tercapainya kesesuaian pada 8 mata kuliah yang ada di USIM dan di FE UII untuk digunakan dalam implementasi program pertukaran pelajar. Semua mata kuliah yang akan digunakan dalam program pertukaran pelajar minimal memiliki 80% kesesuaian agar memudahkan kedua belah pihak untuk memasukkannya ke dalam kurikulum. Nurazira menjelaskan bahwa program pertukaran pelajar ini rencananya akan diikuti oleh mahasiswa yang menempuh semester ke 3 dan ke 5. “Program Kerjasama yang dijalin dengan UII tidak hanya untuk pertukaran pelajar, tetapi juga akan ditindaklanjuti untuk program kerjasama lainnya, seperti pertukaran dosen selama 1 semester dan kolaborasi penelitian”, terang Nurazira. Program pertukaran pelajar ini rencananya akan diumumkan kepada mahasiswa awal semester genap 2014/2015 mendatang. Di akhir pertemuan, Dekan FE UII berharap agar kerjasama antara UII dan USIM dapat berjalan dengan lancar.