IKA IE FE UIIPeran alumni bagi sebuah perguruan tinggi memang sangat penting, dari alumni lah nama baik perguruan tinggi dipertaruhkan, apabila alumninya baik maka nama baik perguruan tinggi juga bisa terangkat, begitu pula sebaliknya. Bagi alumni Universitas Islam Indonesia (UII), selain menjaga nama baik almamater, juga diharapkan bisa memperkuat peran perguruan tinggi yang bermartabat demi kemajuan umat, bangsa dan negara.

Peran ini tentu bisa dilakukan oleh alumni-alumni yang sudah berkiprah di dunia politik pemerintahan, ekonomi bisnis, industri manufaktur maupun sosial kemasyarakatan. Karena sampai dengan saat ini, UII sudah berhasil mencetak kurang lebih sekitar 76.000 alumni yag tersebar diseluruh Indonesia.

Dari sekian banyak alumni yang ada, menjaga komunikasi dengan sesama alumni merupakan suatu hal yang sangat penting, salah satu cara untuk tetap menjaga tali silaturrahmi tersebut adalah dengan membentuk suatu wadah ikatan bagi para alumni. Demikian pula kiranya tujuan Kongres Ikatan Alumni Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi (IKA IE FE) UII yang diadakan selama tiga hari ini (20-22/2) bertempat di Wismo Joyo Kaliurang Yogyakarta, sesuai dengan temanya yaitu “Mempererat Tali Silaturrahmi Antar Generasi”

Tampak hadir pada saat acara pelantikan pengurus berlangsung, Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., Wakil Rektor II Dr. Drs. Nur Feriyanto, M.Si., Dekan FE UII Dr. Drs. Agus Hardjito, M.Si., Ketua Program Studi IE FE UII Akhsyim Afandi, M.Si., Ph.D., dan beberapa Dosen serta alumni IE FE UII.

Dalam sambutannya, Harsoyo menyampaikan harapannya terkait dengan alumni IE khususnya dan alumni UII pada umumnya, agar bisa turut berperan aktif dalam upaya pengembangan UII yang lebih baik. Peran itu tentu bisa dilakukan dalam berbagai cara, minimal dengan menjaga nama baik almamater, termasuk juga bisa memberikan masukan bagi UII terkait dengan kurikulum yang ada saat ini agar sesuai dengan permintaan pasar di dunia kerja.

Agus Hardjito menambahkan semoga dengan terbentuknya Ikatan Alumni IE UII ini bisa semakin mempererat tali silaturahmi antar alumni yang selama ini sudah terjalin dengan baik. “Bisa nanti masing-masing prodi membentuk Ikatan Alumni sehingga koordinasi dengan IKA UII menjadi lebih mudah”, ungkapnya.

Senada dengan hal itu, Akhsyim Afandi menjelaskan bahwa ketika masih kuliah, mahasiswa IE ini ikatan kekeluargaannya sangat kuat, sehingga tidak mengherankan ketika sudah menjadi alumni mereka juga masih menjalin silatrahmi dengan baik, dan akhirnya bisa terbentuk IKA IE FE UII.

Dalam pelaksanaan kongres ini, Jefri Endika (IE 1990) terpilih sebagai Ketua IKA IE FE UII 2015 sampai dengan periode 2018 mendatang.