Wisuda PPakProfesi akuntansi merupakan profesi yang banyak dibutuhkan oleh hampir semua lini pekerjaan, sehingga permintaan tenaga kerjanya juga terus meningkat. Ditambah lagi dengan adanya Asean Economic Community (AEC) 2015, dimana perusahaan-perusahaan yang ada di ASEAN bisa dengan mudah mencari tenaga akuntan yang kredibel dari berbagai negara, tidak terbatas hanya dari negaranya sendiri. Demikian disampaikan Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., saat mewisuda 21 mahasiswa lulusan Program Profesi Akuntansi Fakultas Ekonomi (PPAk FE) UII di Gedung Prof. Dr. Ace Partadiredja FE UII, Sabtu (28/2).

Dijelaskan Dr. Harsoyo bahwa hal tersebut bisa terjadi karena salah satu profesi yang akan dibuka bebas pasarnya pertama kali adalah profesi akuntan, maka akuntan di Indonesia harus mampu bersaing dengan akuntan dari negara lain. “Jadikan kesempatan ini bukan sebagai tantangan yang akan menghambat kita, namun lebih baik kesempatan ini bisa kita manfaatkan sebagai peluang yang terbuka lebih lebar.” Papar Dr. Harsoyo.

Menyambut hal itu, UII sebagai salah satu universitas yang memperoleh ijin untuk menyelenggarakan pendidikan profesi akuntansi telah merancang kurikulum dan sistem pembelajaran yang berbeda dengan universitas lain. “Lulusan PPAk FE UII telah dibekali keahlian spesifik yaitu akuntansi keuangan syariah. Sehingga selain menjadi akuntan profesional, diharapkan lulusannya juga mampu menjawab kebutuhan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang keuangan syariah, baik di Indonesia maupun di negara lain.” Lanjut Dr. Harsoyo.

Walaupun program ini relatif  baru, namun minat untuk masuk PPAk UII yang berasal dari alumni Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UII dan alumni Sarjana  Akuntansi dari berbagai universitas lain relatif tinggi. Hingga saat ini, PPAk FE UII telah meluluskan 136 Akuntan yang kini tersebar di berbagai lembaga mulai dari pusat sampai ke daerah. Pada wisuda kali ini, predikat lulusan terbaik diraih oleh Wisudawati bernama Selfira Salsabila dengan Indeks Prestasi Komulatif 3,81 disusul oleh wisudawati atas nama Dian Okviana dengan Indeks Prestasi komulatif 3,78.