pekan manajemenPeranan sumber daya manusia (SDM) tidak semata menjadi penggerak utama berjalannya proses bisnis di dalam sebuah perusahaan, melainkan juga menjadi aset penting bagi perusahaan. SDM, jika dilihat jangka panjang, merupakan bagian dari investasi bagi perusahaan. Hal ini menarik perhatian mahasiswa Program Studi Manajemen FE UII yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) Management Community untuk mengadakan acara Stadium General dengan mengangkat tema “Best Practice in Human Resources Management”. Penyelenggaraan kegiatan ini juga didukung oleh Program Studi Manajemen UII. Stadium General ini merupakan rangkaian acara dari kegiatan rutin tahunan MANIFEST (Management Annual Inaugural Festival) dari Management Community.
Kegiatan kuliah umum ini bertempat di Aula Utara FE UII pada Sabtu (17/04) dan dibuka oleh Ketua Prodi Manajemen, Dr. Drs. Sutrisno, MM. Peserta pada kegiatan ini adalah mahasiswa prodi manajemen, khususnya yang mengambil konsentrasi studi di bidang manajemen sumber daya manusia. Acara ini menghadirkan narasumber Bernadina Okti Adiyanti, S.Psi, P.Si, Human Resource Director, GoodYear dan dipandu oleh moderator, Drs. Arif Hartono, MHRM., Ph.D, dosen Prodi Manajemen.
Bernadina memaparkan tentang perkembangan manajemen SDM dari masa revolusi industri hingga saat ini. Dalam perkembangannya, dunia pengelolaan SDM telah mengalami perluasan fungsi pada tubuh perusahaan. “Saat ini HRM (human resource management –red) berlomba-lomba membangun SDM tidak hanya untuk menjadi pegawai biasa tetapi untuk menjadi talent yang dapat menggerakkan perusahaan”, ungkapnya. Ia juga menambahkan bahwa peranan manajemen SDM kini menjadi semakin penting terutama dalam memastikan keberhasilan pengelolaan perubahan yang dibutuhkan perusahaan, khususnya untuk mengelola bakat-bakat yang berpotensi memimpin perusahaan, agar tetap bertahan dan terus meningkatkan kinerjanya.
Diskusi dalam acara ini berlangsung komunikatif dengan banyaknya pertanyaan dari peserta yang antusias untuk mendapatkan cerita pengalaman dari narasumber sebagai praktisi profesional di bidang manajemen SDM. Dengan adanya acara ini diharapkan mahasiswa dapat menambah wawasan mengenai manajemen SDM dan mampu meningkatkan pemahamannya terkait teori yang telah didapat di bangku perkuliahan dengan implementasi di dunia nyata.