BridgingBridging Program merupakan salah satu program mata kuliah yang ada di Fakultas Ekonomi (FE) UII yang membekali mahasiswa dengan soft skills seperti kemandirian, proaktifitas, berpikir kritis, dan komunikatif dengan serta memiliki kemampuan hard skill dalam bidang akademik seperti menulis, membaca, dan presentasi.

Dalam rangka memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mempunyai karakter dan kemampuan yang baik dalam berkomunikasi Internasional, Bridging Program FE UII menyelenggarakan Talkshow bertemakan Pengembangan Karakter dalam Komunikasi Internasional yang diwajibkan bagi mahasiswa jurusan Manajemen dan Ilmu Ekonomi angkatan 2014 pada hari Senin (15/6). Talkshow ini dibuka oleh Koordinator Bridging Program Ridwan, S.Ag., M.Si dengan pembicara Abdullah Hehamahua, S.H, MM. seorang mantan penasehat KPK RI dan Hilman Latief,S.Ag., M.A. ,Ph.D Acara yang dilaksanakan di Aula Utara tersebut dimaksudkan juga untuk membentuk persiapan bahasa untuk berkomunikasi dan dapat menumbuhkan karakter menghadapi persaingan internasional.

Dalam penyampaian materinya, Hilman menyampaikan bahwa self discipline harus dibiasakan sejak dini dalam membangun karakter pribadi, dengan proses dan pengalaman, bahasa juga sangat penting untuk komunikasi dengan masyarakat global. “Peluang setiap orang memang tidaklah sama, tetapi peluang itu sendiri terbuka untuk diperebutkan siapa saja yang menginginkannya” ujar Hilman dalam sambutannya. Kepercayaan diri dan pikiran yang merupakan faktor pendukung untuk menunjang terbentuknya karakter dalam komunikasi yang baik. Tingkat kepercayaan diri dan karakter saling berhubungan untuk membentuk pengembangan diri dalam berkomunikas. Sehingga kemampuan komunikasi harus dapat terus dikembangkan dalam tujuan sosial.

Harapannya dengan diadakannya talkshow ini, mahasiswa jurusan Manajemen dan Ilmu Ekonomi 2014 mendapatkan bekal karakter dan komunikasi untuk menghadapi persaingan di tingkat internasional.