Fast TrackProgram Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) menyelenggarakan kuliah umum (General Lecture) yang diwajibkan bagi mahasiswa jurusan Akuntansi angkatan 2013 pada Kamis (28/5). Kuliah umum ini dibuka oleh Kepala Program Studi Akuntansi Dekar Urumsah, Drs., S.Si., M.Com.(SI)., Ph.D.,  dan dihadiri oleh pemateri dari the Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) Indonesia, Evi Steelyana W, S.E., Ak., M.M. Acara yang dilaksanakan di Aula Utara FE tersebut dimaksudkan untuk membantu calon akuntan lulusan UII dalam meraih tujuan karier dan mempersiapkan kompetisi di tingkat global.

Seluruh peserta dari mahasiswa Akuntansi memenuhi Aula Utara dengan antusias. Acara yang mengangkat tema “Fast Track to be Successful Accountant. Work Smart, Don’t Just Work Hard” ini diawali dengan sambutan oleh Dekar Urumsah dan dilanjutkan dengan presentasi dari pihak ACCA. ACCA berpusat di London yang memiliki cabang di berbagai negara, salah satunya bekerjasama dengan Ikatan Akuntan Indonesia dan Ikatan Akuntan Publik Indonesia yang berpusat di Jakarta.

Dalam sambutannya, Evi menyampaikan bahwa kompetensi nilai professional bisa didapatkan untuk menjadi value added sebagai professional di bidang akuntansi dan keuangan melalui ACCA, terutama dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dengan adanya kerjasama antara Prodi Akuntansi UII dengan ACCA Indonesia diharapkan dapat menjadikan mahasiswa Akuntansi UII mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk berkarir pada perusahaan di berbagai negara. ACCA menawarkan kemudahan dengan adanya gelar yang didapat sehingga mendapatkan pengakuan asing atas kompetensi serta SDM yang memiliki kesetaraan dengan SDM di luar negeri.

Jumlah professional dan di bidang keungan di Indonesia masih sangat rendah. Dengan adanya kerjasama ini, prodi Akuntansi tidak hanya menjadikan mahasiswanya sebagai akuntan dan professional keuangan tetapi juga memperkenalkan sekaligus mempermudah mahasiswanya dengan membuka jalan untuk dapat go international melalui ACCA. Dalam memaparkan materinya, Evi mengatakan bahwa “mahasiswa Akuntansi UII dapat Go Global Act Local. Artinya bahwa dengan lolos dalam ujian dari ACCA yang akan diadakan di Jogja, mahasiswa tersebut dapat melamar pekerjaan di perusahaan di berbagai negara karena memiliki kualifikasi yang diakui secara internasional. Dikatakan bahwa akan ada kelas untuk mendapatkan gelar Diploma in Business and Accounting yang dibuka di Yogyakarta.

Perusahaan-perusahaan di seluruh dunia yang mempekerjakan ACCA members dan ACCA students di antaranya Unilever, P&G, Nestle, Oracle, HSBC, Barclays, Philips, Microsoft, Deutche Bank, Coca Cola, Chevron, IBM, Deloitte dan masih banyak lagi. ACCA juga bekerjasama dengan Oxford Brookes University di United Kingdom untuk gelar lanjutan yaitu Advanced Diploma Accounting and Business. Gelar berikutnya yaitu Bachelor of Science in Applied Accounting, Master in Professional Accountancy dari University of London, dan gelar ACCA.