KSPMFakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) selain sebagai kampus untuk kuliah dan belajar in-class, tak lupa juga turut menyediakan berbagai sarana untuk para mahasiswanya yang ingin mengasah softskill. Banyak lembaga atau pun himpunan mahasiswa di FE UII yang menawarkan berbagai kegiatan untuk mengasah softskill dan belajar untuk berinovasi. Salah satu lembaga di FE UII yang berunsur edukatif yakni Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM).

KSPM FE UII merupakan suatu komunitas yang mengakomodir mahasiswa dan mahasiswi FE UII yang berminat terhadap dunia pasar modal dan seluk beluknya dalam sebuah kelompok studi. Melalui diskusi-diskusi di KSPM, mahasiswa bisa belajar tentang saham, trading, dan berinvestasi. KSPM FE UII yang telah dirintis sejak tahun 1996 hingga kini telah mampu mengembangkan sayapnya.

Sesuai dengan tagline-nya “be a smart investor in capital market”, KSPM mulai berinovasi dengan berbagai kegiatan yang mengedukatif. Di tahun 2014, KSPM memulai kegiatannya di depan layar. Mencoba merangkul kawula muda, KSPM membuat program kerja “KSPM Goes to School” dimana sasaran utama program kerja tersebut adalah siswa-siswi SMA yang akan memasuki dunia perkuliahan. Mengapa mereka? Masih banyak siswa-siswi SMA sekarang ini yang belum mengerti apa itu saham, bagaimana berinvestasi dengan saham, dan segala macam proses yang ada di dalam urusan permodalan itu yang masih dianggap hal baru di telinga para siswa SMA. Sehingga, tujuan utama dari program ini adalah mengenalkan siswa-siswi SMA pada dunia investasi sejak dini supaya mereka tidak asing lagi dengan sebuah kata bernama “saham”.

Tak berhenti puas dengan KSPM Goes to School, KSPM kembali menghadirkan gebrakan baru pada Maret 2015 dengan menghadirkan Capital Market Week 2015 (CMW 2015). Masih menyasar digolongan yang sama yakni anak-anak muda, CMW 2015 hadir dengan tujuan untuk mengedukasi golongan muda menyadari pentingnya berinvestasi dan memiliki kompetensi di bidang pasar modal. CMW 2015 sendiri terdiri dari dua rangkaian acara utama, yaitu Paper Competition dan National Seminar. Paper Competition adalah lomba paper tentang pasar modal untuk siswa-siswi SMA yang temanya seputar investasi diera Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015, dan National Seminar juga mengusung tema yang sama tentang MEA 2015. CMW 2015 pun tidak berhenti disitu saja. KSPM juga kembali menghadirkan “Manulife Asset Management” (23/5) yang mengedukasi mengenai investasi secara lebih detail. Lewat CMW 2015 ini selain belajar tentang investasi, peserta juga bisa belajar praktek langsung menanamkan saham.

Berkat keberhasilan dua program andalannya tersebut, KSPM FE UII kini telah menunjukkan jati dirinya. Berkat prestasi-prestasi yang dituainya, KSPM mulai menjadi pusat perhatian dikalangan mahasiswa-mahasiswi FE UII. Harapan kedepannya, semoga KSPM FE UII tidak berhenti berinovasi dalam menghadirkan kegiatan yang mengedukatif kawula muda tentang pasar modal.