FilipinaBerpartisi dalam event internasional bagi Panji Raga, Mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional Universitas Islam Indonesia (UII), merupakan sebuah kesempatan yang bagus. Bersama dengan dua mahasiswa lainnya Arga Ramadhana dan Feni (Ilmu Ekonomi dan Psikologi) mereka bertiga mendapatkan kesempatan mewaikili UII dalam rangka mengikuti kegiatan ASEAN Info-Cultural Exposure Camp (ICEC) 2015 bertempat di Caliraya Resort Club, Laguna, Filipina (4-6/7).

Event internasional yang diselenggarakan oleh ASEAN Youth Leaders’ Association (AYLA) tersebut diikuti oleh lebih dari 100 mahasiswa dari berbagai negara di ASEAN, termasuk Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Vietnam, dan Kamboja. Dalam event tersebut Indonesia mengirim sekitar 25 mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Indonesia.

Seperti disampaikan oleh Panji bahwa penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan pentingnya integrasi antar sesama negara anggota ASEAN, karena bagaimanapun juga semua negara yang tergabung dialamnya adalah satu kesatuan, tidak perlu lagi ada perbedaan. “Penting bagi anak muda sekarang untuk menyatukan ASEAN melalui event-event internasional seperti ini”, ungkapnya.

Dalam event tersebut masing-masing peserta mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara seminar, konferensi, kunjungan ke Normal University, dan juga pertunjukan budaya masing-masing negara dalam rangka lebih memperkenalkan budaya mereka ke negara lain.

Ketika disinggung mengenai harapannya setelah mengikuti kegiatan terseput, Panji menyampaikan bahwa dengan ini semoga bisa menginspirasi mahasiswa lain untuk ikut berpartisipasi dalam berbagai event internasional demi membawa nama harum universitas, bangsa, dan negara.

Sumber: www.uii.ac.id