FASosok alumni perguruan tinggi selalu menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk menentukan karir. Perjalanan kesuksesan para alumni dapat menjadi suatu pelajaran bagi mahasiswa dalam meraih kesuksesan. Selaras dengan itu, kiprah alumni Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) memang telah menjadi perhatian pihak universitas. Banyak alumni FE UII yang sudah berkarir dan sukses didunia kerja. Melihat kesusksesan alumni FE UII yang sudah tersebar ke beberapa kota dan luar negeri, maka FE melalui Tim Pemasaran dan Komunikasi FE UII memiliki program kerja baru yaitu Finding Alumni (FA). Kegiatan FA adalah program pencarian alumni FE UII yang telah berkontribusi bagi masyarakat dan diharapkan mengispirasi mahasiswa FE UII maupun bagi masyarakat luas. Selain itu, untuk menjalin tali silaturahmi dan komunikasi antara universitas dan alumni.

Sebagai langkah perdana, tim FA sudah berkesempatan untuk menjalankan program tersebut. Empat perwakilan mahasiswa dari Tim Pemasaran dan Komunikasi FE UII mengunjungi Wirmon Samawi (29/6). Beliau merupakan Direktur Umum dari harian Kedaulatan Rakyat sekaligus alumni dari FE UII. Di sela-sela pekerjaannya yang padat, beliau menyempatkan diri untuk berbagi pengalaman dengan tim FA. Beliau menceritakan tentang kehidupannya selama menjadi mahasiswa FE UII saat itu. Mulai dari kegiatan kampus yang beliau ikuti saat kuliah, hingga dosen yang berkesan selama masa kuliah. Pria yang aktif dalam kegiatan MAPALA Unisi selama menjadi mahasiswa ini juga menceritakan latar belakangnya memilih FE UII sebagai tempatnya untuk menuntut ilmu. “Dulu, kampus yang ada International Program-nya ya cuman UII”, tungkasnya. Terbukti olehnya, pilihannya telah membawa beliau untuk bisa melanjutkan sekolah S2 di Monash University. Tidak lupa beliau juga memberikan harapan kepada mahasiswa FE UII. Seseorang harus hidup seimbang antara akademisk dan non-akademis dan kuliah di UII mahasiswa diajarkan ilmu agama, begitu penjelasannya.

Alumni-alumni yang menjadi target pada kegiatan FA saat ini merupakan alumni yang berdomisili di DIY dan Jawa Tengah. Target kedepan, FA bisa bertemu dengan alumni-alumni di lain daerah dan alumni bisa berbagi cerita pengalaman dalam berkarir. Harapan jangaka pendek dari FA yaitu pembuatan artikel alumni yang akan diupload di website fakultas. Untuk harapan jangka panjang, FE UII memiliki buku profil alumni yang mengispirasi. Buku ini berisi perjalanan pengalaman alumni-alimni FE UII sehingga bisa mengispirasi mahasiswa dan masyarakat.