kulperUniversitas Islam Indonesia (UII) kembali menggelar acara kuliah perdana bagi mahasiswa baru pada jenjang Sarjana dan Ahli Madya. Untuk tahun akademik 2015/2016 ini, sejumlah 5.386 generasi muda pilihan telah tercatat sebagai warga baru di berbagai program studi di UII, yang terseleksi dari 27.654 pendaftar.

Disampaikan Wakil Rektor I UII, Dr. –Ing. Ilya Fajar Maharika, MA. dalam laporannya, jumlah pendaftar UII pada tahun ini yang menembus angka 27.654 secara umum mengalami peningkatan sejumlah 5,36% dibanding tahun akademik 2014/2015 dengan jumlah pendaftar 26.248. Hal ini selain menunjukkan semakin kuatnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan yang diselenggarakan juga menunjukkan semakin ketatnya proses seleksi mahasiswa baru di UII.

Beberapa program studi menunjukkan kenaikan pendaftar yang signifikan dibanding tahun sebelumnya. Beberapa kenaikan seperti disampaikan Ilya Fajar Maharika terjadi pada Program Studi Pendidikan Kimia sejumlah 450%, Program Studi Ilmu Komunikasi 349,09% dan D3 Akuntansi sejumlah 150%.

Lebih dari sekedar tempat belajar, UII juga merupakan ajang yang baik untuk mengembangkan semangat kebangsaan, diantaranya melalui interaksi dengan mahasiswa dari berbagai daerah. Dituturkan Ilya Fajar Maharika, mahasiswa angkatan 2015 ini berasal dari lengkap semua provinsi di Indonesia yang tersebar cukup merata. Jika ditinjau 10 besar provinsi asal mahasiswa, provinsi Jawa Tengah masih menempati posisi pertama diikuti, D.I. Yogyakarta dan Jawa Barat.

Sementara Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, MSc. menyampaikan, dari sekian banyak peserta seleksi masuk UII terdapat 1.743 mahasiswa baru yang berhasil diterima kuliah di UII melalui jalur tanpa tes, dikarenakan berprestasi baik di bidang akademik maupun di bidang lainnya. Termasuk di antaranya adalah 40 orang yang lolos melalui jalur hafidz Quran. “Mahasiswa baru termuda yang lolos melalui jalur hafidz quran ini berusia 16 tahun, atas nama Muhammad Taufiqurrahman asal Yogyakarta,” tuturnya.

Dr. Harsoyo berharap, potensi-potensi luar biasa yang dimiliki para mahasiswa baru tersebut dapat terus dikembangkan di UII dan memberikan inspirasi bagi mahasiswa yang lain untuk terus berlomba-lomba dalam kebaikan.

Selain itu dalam acara kuliah perdana ini juga disampaikan kuliah umum oleh Founder dan CEO PT Manajemen Kinerja Utama, Yodhia Antariksa, M.Sc. inHR, yang juga Alumni Program Studi Manajemen UII. Dihadapan mahasiswa baru UII, Yodhia Antariksa menyampaikan materi dengan judal 4 Mindset Kunci menjadi Mahasiswa Sukses dan Tercerahkan.

sumber: www.uii.ac.id