SARASEHAN (1)Kesuksesan alumni tidak dapat dipisahkan dari peran perguruan tinggi dimana ia dahulu menuntut ilmu. Mahasiswa yang telah meraih kelulusannya kembali diuji dengan berbagai tantangan di dunia kerja. Semua ilmu yang telah didapat dijadikan bekal dalam meraih sukses dalam karirnya. Seiring berjalannya waktu, tangga kesuksesanpun terus ditapaki. Dalam puncak karirnyalah, seseorang akan merindukan rekan sejawatnya dan kampus adalah tempat terbaik untuk kembali pulang.

Sarasehan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) yang bertajuk “Menyongsong Internasionalisasi Instansi dengan Penguatan Nilai-Nilai Islam” menjadi salah satu rangkaian acara perayaan Milad UII yang ke-72. Acara yang mengundang alumni dari angkatan 1970 sampai 2011 ini diselenggarakan pada hari Sabtu (15/8) di lapangan sorak FE UII. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 278 alumni yang terdiri dari tiga program studi yaitu Manajemen, Akuntansi dan Ilmu Ekonomi. Para alumni datang dari berbagai daerah di Indonesia untuk sekedar bertemu dengan kawan semasa kuliah. Alumni yang hadir berasal dari beragam profesi. Mulai dari pejabat daerah, pengusaha, pejabat perusahaan, hingga pejabat pemerintah pusat.

Kegiatan yang berlangsung siang hari ini tidak mengurangi semangat para alumni untuk datang ke kampus penuh kenangan. Kedatangan Alumni disambut dengan iringan musik tradisional khas yang sangat lekat dengan kota Yogyakarta. Tak kalah sajian makan siang pun menyambut mereka yang rindu akan makanan khas Yogyakarta. Fasilitas yang disediakanpun  sangat mengundang antusiasme para alumni. Seperti layanan photo booth  yang dijadikan ajang untuk mengekspresikan kegembiraan bersama kawan lama. Terlebih hasil foto dapat langsung dicetak saat itu juga.

Acara sarasehan dimulai dengan pembacaan Ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan Himne UII dan Indonesia Raya kemudian dilanjutkan sambutan oleh Dekan FE UII. Dalam sambutan Dekan FE UII , Dr. Drs. Dwiprapto Agus Harjito, M.Si menyampaikan bahwa dalam rangka mencapai akreditasi internasional, Fakultas Ekonomi menghimbau kepada para alumni untuk bekerja sama dalam meningkatkan pengembangan fakultas, salah satunya dalam bentuk beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi dan kurang mampu.

Tak terlewatkan pesan dan kesan disampaikan oleh beberapa Alumni yaitu Drs. H. Syafaruddin Alwi, SU , H. Syafruddin AR, MM , Prof. Dr. H. Alimuddin Rizal, M.M. “Untuk memasuki dunia kerja perlu bekal yang cukup. Bekal tersebut berupa kemampuan berbahasa inggris dan  softskill  yang baik”, ungkapnya. Maka dari itu mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di UII diharapkan tidak hanya unggul di bidang akademik saja, melainkan juga unggul di organisasi.

Kegiatan Sarasehan ditutup dengan Coffe Break, ramah tamah dan hiburan. Para Alumni saling bertukar cerita mengenai kenangan selama menjadi mahasiswa di kampus tercintai