IISROSegenap jajaran pimpinan Universitas Islam Indonesia (UII) menyambut kedatangan para peserta International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) yang ke-4, pada sesi pembukaan yang berlangsung di Auditorium Abdul Kahar Muzakir, Rabu (19/8). Kompetisi yang diikuti sekitar 400 peserta di tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Mesir dan Indonesia dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari, 19 – 21 Agustus 2015. Turut hadir pada acara penyambutan Kepala Balai Pengembangan Kegiatan Belajar DI yogyakarta, Drs. Bambang Irianto, MPd. serta dari Ketua Komite IISRO 2015.

Membacakan sambutan Gubernur DI. Yogyakarta, Bambang Irianto menuturkan diselenggarakannya IISRO merupakan salah satu wahana pengembangan kreativitas dan inovasi bagi para pelajar, khusunya pada bidang teknologi robotik. Selain itu, melalui penyelenggaraan IISRO juga diharapkan dapat menjadi ajang wisata teknologi, sehingga mampu merangsang keinginan para peserta lomba untuk mempelajari teknologi-teknologi baru lainnya yang lebih canggih dan lebih maju.

Disampaikan Bambang Irianto, dalam pertumbuhan serta perkembangan daya kreativitas dan inovasi, tidaklah cukup hanya berada pada wacana teoritis saja, tetapi harus dilatih untuk mengimplementasikan ide dan gagasan teoritis tersebut ke dalam dunia nyata. Kegiatan tersebut harus dibuat sedemikian rupa agar menjadi menarik, dinamis dan tidak membosankan, dimana pelajar atau mahasiswa sebagai aktor utama perlu dilibatkan secara multidisiplin.

Kontes robot bertajuk IISRO seperti disampaikan Bambang Irianto, dapat dipandang sebagai langkah cerdas dalam pencapaian tujuan peningkatan daya kreasi dan inovasi , khusunya bagi generasi muda bangsa, dari jenjang SD sampai dengan SMA. “Dalam ajang ini setiap peserta harus mengekplorasi kemampuannya dalam hal perancangan, implementasi dan strategi, serta harus mengembangkan ide-idenya,” papar Bambang Irianto.

Sementara Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih dan rasa bangga kepada para peserta IISRO 2015 yang telah turut serta dalam berlomba. Disampaikan Dr. Harsoyo, bidang robotik bila dikembangkan sejatinya dapat memberikan kontribusi yang menjajikan dalam kehidupan yang akan datang. “Kehidupan jaman sekarang merupakan jaman digital, dan robot merupakan salah satuk bentuk teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang,” tuturnya.

Dicontohkan Dr. Harsoyo, dalam pabrik-pabrik saat ini misalnya sudah dilakukan penggunaan teknologi robot, dan ternyata dengan langkah ini dapat menghasilakan hasil yang lebih tepat dan presisi. Bahkan beberapa waktu yang lalu melalui pemanfaatan teknologi robot dapat menggantikan tenaga manusia dengan jumlah yang banyak.

sumber: www.uii.ac.id