ICOIBanyak cara bagi generasi muda bangsa Indonesia untuk mengisi kemerdekaan ini. Niat dan tekad yang kuat untuk terus berkiprah dan berprestasi dalam dunia pendidikan adalah salah satu cara untuk dapat membawa nama baik Indonesia diranah internasional. Ilmu pengetahuan yang terus berkembang memaksa para generasi muda untuk selalu meningkatkan knowledge dan skill yang dimilikinya.

Jalan yang dipilih oleh tiga mahasiswi Progam Studi Manajemen Universitas Islam Indonesia ( FE UII) adalah dengan mengembangkan kemampuan dalam membuat karya tulis ilmiah. Ketiga mahasiswi tersebut adalah Meiga Rachmawati Putri, Pradita Nindya Aryandha merupakan mahasiswa reguler, dan Annisaa Lathiip merupakan mahasiswa dari Program Internasional (IP). Mereka mengikuti ajang International Conference of Organizational Innovation (ICOI) 2015 di Royal Ambarrukmo Hotel, Yogyakarta pada (6/8) lalu.

Mereka terpilih menghadiri acara tersebut setelah melalui seleksi karya ilmiah berskala international. Di mana peserta yang terpilih berasal dari 12 negara yakni, Indonesia, Taiwan, China, India, Italy, Austalia, Saudi Arabia, Lithuania, Brazil, Thailand, Pakistan, dan Czech Republic. Ada 142 buah paper yang dipresentasikan dalam konferensi tersebut yang berasal dari bidang administrasi bisnis, studi kasus, perilaku konsumen, ekonomi dan sosiologi, administrasi pendidikan, kewirausahaan, manajemen keuangan, manajemen umum, pendidikan tinggi, manajemen industri, desain industri, desain produk, manajemen inovasi, manajemen informasi, manajemen pemasaran, manajemen pengetahuan, perilaku organisasi, manajemen kinerja, administrasi publik, manajemen pariwisata dan katering serta bidang-bidang lainnya.

Bagi Nidya, keikutsertaannya sebagai presenter dalam ICOI kesembilan pada tahun 2015 di Yogyakarta memberi kesan yang mendalam. “Pengalaman baru dan sangat berharga. Apalagi saya adalah peserta termuda yang diundang sebagai presenter. Pasti ilmu ini bermanfaat untuk ke depannya”. ungkapnya. Meskipun Nindya dan Annissa sudah menjadi alumni UII, tetapi mereka senang dapat membawa nama UII dan Indonesia di ajang internasional tersebut.

Dalam ajang tersebut, tiga serangkai ini mendapatkan bimbingan dari dosen tetap Prodi Manajemen FE UII. Nidya mempresentasikan papernya yang berjudul “The Young Eagle: Exploring the Sky, Swallowing the Horizon (A case Study of Entrepreneur Students). Dalam penyusunannya, Nindya dibimbing oleh Dra. Trias Setiawati, M.Si. Meiga meyajikan papernya yang berjudul “Never Stop, Giving a Life Light (Case Study of Female Leadership in Developing Family“, yang mendapat bimbingan dari Drs. Arif Hartono, M.SHRM, Ph.D dan Annisa mempresentasikan “The Influence of Employee Engagement and Burnout on Performance (A Case Study in Bank Tabungan Negara (BTN) Yogyakarta“. yang dibimbing oleh Drs. Arif Hartono, M.SHRM, Ph.D.  Ketiganya sukses dalam mempresentasikan masing-masing papernya dalam ICOI 2015.

ICOI merupakan ajang konferensi international kelas dunia yang tahun ini sudah memasuki tahun kesembilan. Tujuan dari konferensi ini yaitu untuk mempromosikan pembelajaran dari satu sama lain dengan bertukar ide dan pandangan serta membangun jaringan. Selain itu untuk melayani sebagai saluran utama berbagi pengetahuan dan promosi innovasi international.”Menyenangkan bisa mempresentasikan hasil penelitian saya di konferensi yang berstandar international ini.” kata Meiga. Mereka bertiga berharap agar mahasiswa UII termotivasi untuk mengikuti ajang seperti ini agar generasi muda Indonesia menjadi generasi berwawasan internasional sehingga Indonesia dapat berdaya saing tinggi di era globalisasi.