Keutamaan dalam kurban merupakan sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. Dari Zaid ibn Arqam, ia berkata atau mereka berkata: “Wahai Rasullullah SAW, apakah qurban itu?” Rasullullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.” Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?” Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan,” (HR. Ahmad dan ibn Majah)

Setiap umat beragama pastinya selalu merayakan hari raya mereka setiap tahunnya. Begitu pula umat muslim. Dalam memperingati hari raya Idul Adha, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) bersama Jama’ah Al Muqtasidin melaksanakan kurban untuk mengisi perayaan Idul Adha 1436 H. Disamping itu juga  melangsungkan shalat Idul Adha (24/09) bersama di FE UII yang diimami oleh Lanjar Kurniawan, S.T dan khotib Priyonggo Suseno, S.E,. M.Sc. Setelah itu dilanjutkan dengan pelaksanaa kurban di Bantul. Pemilihan lokasi penyenbelihan binatang kurban ini dengan meihat kondisi masyarakat setempat dan pembagian daging kurban lebih diprioritaskan ke daerah-daerah terpencil.

Menurut pengakuan Briandana Oktavian salah satu anggota JAM FE UII dan pengurus hari raya Idul Adha “tahun ini hewan qurbannya di salurkan ke tiga desa di Bantul” alasan disalurkan ke Bantul karena pihak kampus tidak mengizinkan hewan kurban disembelih di lingkungan FE UII. Briandana menambahkan bahwa berbeda dengan tahun sebelumnya dimana perayaan Idul Adha dilaksanakan di lingkungan FE UII. Lebih tepatnya dilaksanakan di depan area gedung Internasional Program (IP) FE UII dengan total qurban 2 ekor kambing. Banyaknya jumlah hewan kurban membuat proses penyembelihannya dapat dilakukan di lingkungan FE UII.

Pada Idul Adha 1436 H kali ini, FE UII berkurban lebih banyak dari tahun lalu yaitu 6 ekor kambing. Minimnya tempat di FE UII untuk proses penyembelihan 6 ekor hewan kurban menjadi alasan pihak kampus tidak mengizinkan penyembelihan hewan kurban di lingkungan FE UII. Disisi lain, penyembelihan hewan kurban di Bantul agar dapat berbagi kepada saudara-saudara yang lebih membutuhkan dan berbagi kebaikan dihari yang suci.