semataAkhir bulan Agustus menjadi awal bagi mahasiswa baru Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) untuk menapak ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Perlu adanya perkenalan mengenai dunia kampus maupun dunia kemahasiswaan. SEMATA (Semangat Ta’aruf) 2015 yang mengusung tema Menanamkan Kesadaran dan Semangat Juang Mahasiswa sebagai Generasi Unggul untuk berkontribusi atas terwujudnya kemaslahatan umat, menjadi salah satu sarana yang di harapkan mampu mewujudkan generasi unggul. Hampir seluruh mahasiswa baru FE UII mengikuti rangkaian acara SEMATA yang di selenggarakan pada tanggal (30-31/8) bertempat di lapangan parkir FE UII. Uniknya, kegiatan kali ini lebih diminati pada hari terakhir dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya.

Berbagai rangkaian acara dari pembukaan hingga penutupan terlihat berjalan lancar, Mahasiswa baru FE UII terlihat mengikuti berbagai kegiatan yang telah disusun oleh panitia, Seperti yangg disampaikan oleh M.B Hendrie Anto selaku ketua tim Monitor dan dosen FE UII, ” acara semata kali ini lebih menciptakan suasana santai, memang belum ideal tapi lebih soft.” Selain itu, acara SEMATA kali ini memang lebih menghormati waktu beribadah. Tidak terdengarnya teriakan dari panita ke mahasiswa baru sehingga memang terlihat lebih soft.

Selain itu, tradisi luhur yangg memang ada dirangkaian kegiatan semata yaitu bakti sosial tetap akan dilaksanakan baik oleh panitia maupun peserta. Rencana untuk bakti sosial ini akan dialokasikan di daerah Bantul yang disalurkan oleh panitia. Sedangkan, untuk perwakilan mahasiswa baru dan panitia dilaksanakan di seturan yangg terjangkau secara waktu dan jarak.

Melalui SEMATA, para mahasiswa baru lebih bisa mengenal UKM dan organisasi-organisasi di Fakultas. Pengenalan UKM dan organisasi Fakultas tersebut menjadi pendukung mahasiswa untuk lebih mengenal aspek yang sesuai dengan soft skill mereka dari pada saat ospek universitas. Seperti yg Ryzka sampaikan sebagai salah satu mahasiswa baru, dia jadi memiliki pandangan UKM apa yang cocok dengan hobby dan bakatnya.

Adapun harapan untuk semata yang disampaikan oleh ketua tim monitor Semata, M.B Hendri Anto kedepannya Fakultas bisa bekerjasama dengan panitia agar semata kedepannya tidak hanya berfokus tentang mengenalkan dunia kemahasiswaan tetapi juga tentang dunia kampus FE UII secara lebih spesifik.

Rangkaian acara diakhiri dengan Closing Ceremony yang berlangsung cukup meriah dan dihadiri langsung oleh Dekan FE UII, Dwipraptono Agus Harjito dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan untuk mahasiswa baru “semoga adik-adik semua mengikuti perkuliahan dengan baik setelah mengenal perkuliahan di Universitas dan Fakultas ” katanya. Selanjutnya penyerahan plakat secara simbolis oleh ketua SC kepada ketua OC sekaligus menutup rangakaian acara Semata 2015.