Keberhasilan perguruan tinggi dalam menjalankanDPKA strategi komunikasi pemasaran yang terpadu akan membawa dampak baik bagi pembangunan citra merk dan reputasi yang unggul. Reputasi ini yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya saing yang dimiliki perguruan tinggi, dan itu bisa dilakukan melalui optimalisasi pemasaran digital serta peningkatan personal branding universitas.

Berkaitan dengan hal itu, Direktorat Pemasaran, Kerjasama, dan Alumni (DPKA) UII selama dua hari ini (17-18/10) mengadakan Pendidikan dan Pelatihan kepada Mahasiswa Tim Pemasaran dan Komunikasi bertempat di Ruang Audiovisual Lantai 2 Perpustakaan Pusat UII yang kemudian dilanjutkan dengan Outbond di .

Acara hari pertama yang dikemas dengan tema “Optimalisasi pemasaran digital UII melalui strategi personal branding universitas” tersebut dihadiri oleh Direktur DPKA UII Hangga Fathana SIP., B.Int.St., MA., Kepala Divisi Promosi Sigit Pamungkas, SE., M.Com., Ketua Tim Pemasaran dan Komunikasi UII Arif Singa Purwaka, SE., MBA., dan seluruh tim mahasiswa pemasaran dan komunikasi UII.

Dalam sambutannya Hangga Fathana menyampaikan bahwa tujuan dari diadakannya pendidikan dan pelatihan ini adalah sebagai upaya UII untuk menanamkan pentingnya peran tim pemasaran dan komunikasi UII. “Tim Pemasaran dan Komunikasi, sebagai brand ambassador, memiliki peran penting dalam upaya untuk mengelola citra merk dan peningkatan reputasi UII” pungkasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan seminar Komunikasi Efektif yang disampaikan oleh Ninda Nindiani, MA., yang dalam kapasitasnya sebagai trainer, broadcaster, dan profesional MC yang telah menekuni dunia public speaking lebih dari 20 tahun. Kemudian materi kedua adalah Social Media Marketing for Personal Branding yang dijelaskan oleh Yodhia Antariksa, M.Sc., selaku Founder dan CEO PT. Manajemen Kinerja Utama yang merupakan firma konsultan untuk corporate performance management.

Pada hari kedua, pendidikan dan pelatihan dilanjutkan dengan outbond yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa mengikuti proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan kekompakan dan kerjasama tim. Adapun pelaksanaan kegiatan outbond tersebut adalah bertempat di Sambi, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

sumber : www.uii.ac.id