FGDDalam rangka menyelaraskan standar pendidikan dan learning outcome sebagai standar minimum yang harus dicapai mahasiswa S1 khususnya Program Studi Manajemen, Forum manajemen Indonesia (FMI) koordinator wilayah (Korwil) Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD). Acara yang dilaksanakan di Ruang P1/2 Gedung Prof. Dr. Ace Partadiredja Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, pada Kamis, 29 Oktober 2015 ini diikuti oleh Kepala Jurusan Universitas se- Daerah Istimewa Yogyakarta, yang merupakan anggota FMI, serta dihadiri oleh perwakilan FMI Korwil Jakarta dan wakil dari Dikti.

Penyampaian materi di sesi pertama disampaikan oleh Dr. BM. Purwanto, MBA dan Dr. Amin Wibowo, MBA , dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada serta Dr. M. Irhas Efendi, M.Si dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.  Ketiganya membahas tentang learning outcome dan standardisasi pendidikan. FGD learning outcome ini di moderatori oleh Dr. Zaenal Arifin, M.Si. “Profesionalisme adalah tindakan seseorang yang dilandasi oleh tujuan yang baik, oleh karena itu dalam Learning Outcome nanti diharapkan Mahasiswa mampu mempunyai integritas, profesionalitas, objektivitas, dan keadilan saat menerapkan ilmunya baik untuk dirinya sendiri maupun saat bermasyarakat”, papar Dr.BM. Purwanto.  Sedangkan sesi kedua adalah Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang learning outcome , dimana peserta dibagi  ke dalam tiga kelompok aspek, meliputi sikap dan keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan.

Dari FGD tersebut diperoleh rumusan dari masing-masing aspek misalnya dalam aspek sikap, mahasiswa diharapkan berani menanggung resiko dalam pengambilan keputusan, dalam aspek pengetahuan, mahasiswa mampu menguasai konsep dan aplikasi fungsi-fungsi organisasi, sedangkan pada aspek keterampilan umum, mahasiswa diharapkan mampu membangun kolaborasi positif dengan masyarakat nasional, internasional dalam organisasi dan bisnis. Kedepannya, rumusan dari hasil FGD ini digunakan untuk membuat standar capaian minimum yang harus dicapai oleh mahasiswa S1 prodi manajemen dimana standar tersebut berskala nasional.