SINDORatusan mahasiswa UII nampak antusias memadati Auditorium Kahar Muzakkir, kampus terpadu UII sejak Kamis pagi (10/8). Para mahasiswa ini tertarik untuk mengikuti berbagai acara dalam SINDO Goes to Campus (SGTC) yang digelar oleh Koran SINDO bekerjasama dengan Direktorat Humas UII. SGTC yang pada kali ini mengangkat tema “Konvergensi Media di Era Digital” mampu menyedot animo peserta di sekitar kampus UII karena di dalamnya juga terdapat even coaching clinic presenter dan fotografi. Even tersebut mengajak peserta untuk menyelami dunia presenter televisi dan belajar fotografi jurnalistik. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika sebelum acara dimulai pun kuota pendaftaran telah terisi penuh.

Menanggapi acara ini, Wakil Rektor III UII, Dr. Abdul Jamil, SH, MH mengatakan bahwa di era digital seperti sekarang, kebutuhan masyarakat terhadap arus informasi sudah sangat tinggi. “Terlebih sekarang informasi dapat diakses dengan mudah lewat perangkat digital, seperti smartphone dan komputer jinjing sehingga mempengaruhi pola perilaku masyarakat”, ujarnya. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi bagaimana masyarakat dapat menyikapi perubahan ini dengan tepat.

Sementara Kepala Biro Koran SINDO DIY, Rio Saptono mengatakan digitalisasi informasi menghadirkan perubahan dan tantangan baru bagi media-media konvensional yang telah lama eksis. Menurutnya, dengan adanya era digital tidak lantas menyebabkan media konvensional, seperti koran dan radio lantas kehilangan pasar, namun menuntut adanya inovasi untuk terus bertahan.

SINDO 2

Direktur Humas UII, Karina Utami Dewi, S.IP., MA menuturkan bahwa pihaknya menyambut baik jalinan kerjasama yang ditawarkan SINDO Media lewat gelaran SGTC. “Kami tentu mendukung segala aktivitas positif yang diselenggarakan dalam rangka mengikuti perkembangan zaman”, katanya. Menurutnya, mahasiswa dan sivitas akademika kampus perlu lebih jauh mengenal tentang dunia m

Salah seorang pemateri seminar, Wakil Pemimpin Redaksi Koran SINDO, Dwi Sasongko optimis jika media cetak dapat terus bertahan di tengah era digital. “Selalu ada peluang untuk tetap eksis di tengah perubahan zaman asal kita terus berinovasi dan melakukan terobosan. Pertumbuhan internet bukan ancaman melainkan peluang untuk melakukan konvergensi”, jelasnya. Pada sesi akhir acara, 20 orang peserta terpilih berkesempatan mengikuti coaching clinic presenter bersama iNews TV.edia massa karena hal ini dekat dengan kehidupan manusia.

sumber : www.uii.ac.id