Sebagai kampus tertua di Indonesia, Universitas Islam Indonesia (UII) terus berupaya memperluas jaringan kerja sama dengan mitra didalam negeri maupun luar negeri yang merupakan upaya untuk meningatkan kualitas dan internasionalisasi pendidikan di Universitas Islam Indonesia.

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) menerima kunjungan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Guangzhou China pada hari Senin (13/10). Pertemuan tersebut dihadiri oleh Dr. Dwipraptono Agus Harjito, M.Si, selaku Dekan FE UII beserta jajaran civitas akademisi UII dan Herbayu A. Noerlambang A.S sebagai perwakilan dari KJRI Guangzhou China. Pada pertemuan yang diadakan di Ruang Sidang Dekanat tersebut, Herbayu menyampaikan tujuan dan maksud kedatangannya membawa inisiasi untuk menjembatani kerja sama dibidang pendidikan antara Indonesia khususnya UII dengan Universitas yang berada di Guangzhou. Pasalnya, beberapa Universitas di Guangzho China memiliki Program Studi (Prodi) Bahasa Indonesia dan menawarkan beasiswa.

Pertemuan ini menghasilkan beberapa bentuk kerja sama yang ditawarkan oleh UII untuk mahasiswa diantaranya adalah Student Exchange dan Double Degree, seperti halnya kerja sama yang sudah terjalin dengan Australia dan Turki. UII berharap tidak hanya mahasiswa UII yang dapat menimba ilmu ke luar negeri namun begitu juga sebaliknya mahasiswa asing dapat belajar di UII. Hadirnya program Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) menjadi salah satu program baru di UII yang dapat mendukung mahasiswa asing yang memiliki masalah bahasa untuk dapat belajar dengan nyaman di UII, BIPA UII mengadopsi metode yang sudah dipakai untuk pengajaran di beberapa Universitas lain di Indonesia. Selain itu, ada CILACS ( Center for International Language and Culture Studies) merupakan Pusat Pelatihan Bahasa dan Budaya dari UII yang mendukung kerja sama UII dengan mitra luar negeri.

Disamping itu, UII menawarkan Full Scholarship bagi Mahasiswa asing minoritas muslim yang ada diluar negeri untuk belajar di UII, seperti kerja sama yang sudah terjalin dengan beberapa Universitas di Thailand. Karena UII memiliki visi yaitu Rahmatan Lil’Alamin, sehingga tidak hanya mengabdi kepada Indonesia tetapi juga kepada saudara-saudara sesama muslim.