BISeiring berkembangnya jaman yang semakin maju banyak perubahan yang kita temui khususnya perubahan pada teknologi yang dulunya sulit sekali mencari infomasi, sekarang dengan adanya teknologi yang canggih apapun bisa dilakukan. Perubahan sistem telah merambah pada bank yang ada di Indonesia. Oleh karena itu Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral di Indonesia melaksanakan sosialisasi dan edukasi di lingkungan kampus.

Sosialisasi Bank Indonesia diselenggarakan pada tanggal (14/11), bertempat di Aula Utara Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Pihak dari Bank MANDIRI sebagai narasumber yang memberikan materi tentang hal-hal yang dapat kita lakukan untuk memudahkan saat kita bertransaksi. Sosialisasi ini bertujuan agar para mahasiswa dapat mengetahui perubahan atau sistem apa saja yang di keluarkan maupun yang dikembangkan oleh Bank MANDIRI. Dalam acara sosialisasi BI ini dibawakan oleh dua pembicara yaitu, Syafri Yuzal sebagai direktur PT. Aino Indonesia, dan Sri Agustin dari BI yang dimoderatori oleh Baziedy Aditya Darmawan S.E., M.M.

Dengan adanya pengembangan dan perubahan dalam bertransaksi, Bank MANDIRI telah memfasilitasi Cashless yang merupakan suatu tujuan untuk menggunakan emoney. Di lingkungan kampus Emoney dapat digunakan untuk membayar ataupun memfasilitasi kebutuhan mahasiswa, contohnya menyewa sepeda yang disediakan kampus, membayar makanan dikantin, absensi mahasiswa dan ID untuk masuk ke perpustakaan. E-money juga berbeda dengan ATM karena sistemnya menggunakan sistem offline rekening sedangkan fungsi ATM untuk mengambil uang yang ada di rekening bank.

Fasilitas lainnya yang dikeluarkan Bank MANDIRI yaitu Finding machine yang merupakan sebuah alat penjual minuman dan makanan ringan yang  pada sistem pembayarannya memudahkan orang berbelanja hanya dengan menggunakan kartu.

Terlepas dari transaksi berbentuk kartu, dengan kemampuan teknologi yang berkembang saat ini uang juga dapat disimpan di HP, dengan menggunakan icash yang dapat di download sendiri di appstore untuk pengguna IOS dan play store untuk pengguna android. Cara untuk menggunakan aplikasinya, kita harus mendownload terlebih dahulu kemudian memasukan pin ATM. Dengan demikian melalui handphone bisa mentransfer, tarik tunai dan berbagai layanan lainnya yang dapat memudahkan bagi penggunan dalam bertransaksi.

Pada sesi selanjutnya dibahas oleh Syafri Yuzal mengenai Potensi LCS yang  mengakomodasikan kebutuhan VVIP bagi mahasiswa/karyawan. Dia juga menjelaskan mengenai time based ticket yang dapat digunakan untuk bertransaksi seperti pembayaran transportasi dan lainnya.

Sosialisasi dan edukasi BI dapat memberikan wawasan tentang sistem yang dapat memudahkan para pengguna         Bank MANDIRI dalam bertransaksi yang didukung oleh perkembangan teknologi akan membuat transaksi lebih mudah dilakukan melalui media online yang dapat dilakukan setiap saat.