2015.11.18.uii dan sungkonghoe university jajaki perluasan kerjasamaKemitraan antara Universitas Islam Indonesia (UII) dan Sungkonghoe University (SKHU), Korea Selatan, yang telah berlangsung selama tiga tahun terakhir di bidang pengabdian masyarakat akan diperluas ke bidang akademik. Kedua Universitas sepakat untuk merancang community service field program untuk para mahasiswa guna meningkatkan pemahaman lintas budaya.

Demikian disampaikan Presiden SKHU, Profesor Lee Jeong-ku, saat menerima kunjungan kerja Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., Selasa (17/11), di Kampus SKHU, Seoul, Korea Selatan. “Pemahaman lintas budaya sangat dibutuhkan untuk memperluas wawasan budaya dan membentuk generasi yang toleran,” tambah Prof. Lee.

Dikatakan, bagi SKHU, kemitraan dengan UII memiliki makna strategis, khususnya dalam upaya pengabdian kepada masyarakat global yang selama ini telah terlaksana secara kolaboratif.

Sejak tahun 2012, kedua Universitas telah memberdayakan masyakarat Daerah Istimewa Yogyakarta melalui pelatihan kepemimpinan, pelatihan perangkat desa, koperasi, pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat, serta pendidikan gender.

“Kami sangat tertarik untuk mengirim mahasiswa SKHU ke UII guna melaksanakan pengabdian masyarakat, baik di lingkungan internal kampus UII, maupun terjun langsung ke masyarakat di Yogyakarta secara luas,” ungkap Prof. Lee. Rencananya, program pengabdian masyarakat ini akan diselenggarakan dalam jangka waktu dua minggu, satu kali dalam setahun.

Selain itu, SKHU juga berminat untuk menerima mahasiswa UII mengambil kelas singkat Bahasa Korea di Kampus SKHU. Prof. Lee juga membuka kesempatan yang luas bagi UII untuk melaksanakan implementasi kerjasama dengan berbagai bidang program studi yang tersedia di SKHU, di antaranya media dan komunikasi, ilmu politik, manajemen, dan program studi lainnya di rumpun humaniora.

Sementara itu, Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. menyambut dengan baik penjajakan perluasan kerjasama UII-SKHU. “Kerjasama luar negeri UII ke depan harus sepenuhnya mengarah pada pola yang produktif dan resiprokal. Kami melihat kerjasama dengan SKHU adalah salah satu bentuk kemitraan yang memenuhi pola tersebut,” ungkapnya di akhir kunjungan.

Sumber : www.uii.ac.id