MB UIITim Marching Band Universitas Islam Indonesia (MB UII) tampil dengan totalitas dalam Kejuaraan Grand Prix Marching Band (GPMB) XXXI 2015 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada 26-27 Desember 2015. Kejuaraan bergengsi tingkat nasional ini diikuti oleh 24 tim marching band dari berbagai daerah di Indonesia.

Masing-masing tim saling berkompetisi dalam menyuguhkan pertunjukan yang mengusung tema-tema tertentu. Pertunjukan tidak hanya sekedar memainkan musik dengan apik namun juga dituntut memiliki alur cerita dan penataan koreografis yang kompleks. Tim MB UII sendiri menyuguhkan tema pertunjukan “Taj Mahal : a Symbol of Love” . Tema ini kental dengan kisah cinta abadi seorang raja Mughal, Shah Jahan kepada istrinya Mumtaz Mahal yang dibuktikan dengan bangunan Taj Mahal.

Disampaikan oleh Ketua MB UII, Budi Santoso, bahwa tim MB UII telah cukup lama mempersiapkan diri untuk menghadapi sengitnya kompetisi dalam kejuaraan. “Kurang lebih 12 bulan kami rutin berlatih mengasah kemampuan agar dapat tampil maksimal dalam kejuaraan”, katanya.

Persiapan yang panjang dikarenakan dalam menampilkan tema mereka harus melibatkan ratusan personil, mulai dari pemain musik, dirijen, penampil, dan lain-lain. Di samping itu, mereka juga harus membuat dan menyiapkan properti pertunjukan agar tema dapat lebih nyata. Perjalanan ke Jakarta juga melibatkan 130 orang personil dan ofisial MB UII.

“Berdirinya miniatur bangunan indah Taj Mahal di lantai kuning Istora Senayan seolah menjadi puncak perjuangan kami hari itu. Terimakasih kepada warga UII dan pihak-pihak yang terus mendukung kami selama ini”, tambahnya.

Pada malam pengumuman kejuaraan, MB UII berhasil mendapatkan peringkat ke-8 dari 24 peserta lainnya dan sekaligus menempatkan MB UII pada divisi utama dengan raihan poin 74,95. Meski tidak sampai mengukir prestasi utama, namun pengalaman mengikuti kejuaraan menjadi oleh-oleh yang sangat berhaga bagi anggota MB UII.

Wakil Rektor III UII, Dr. Abdul Jamil SH., MH dan Direktur Kemahasiswaan UII, Beni Suranto, ST., M.SoftEng turut memberikan motivasi kepada tim MB UII selama kejuaraan berlangsung.

 Sumber: www.uii.ac.id