Blank NewsMenempuh studi yang berkelanjutan setelah berada dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan salah satu cara untuk menunjang hidup kedepannya melalui ilmu yang kita miliki. Tentunya menentukan program studi dan universitas yang ingin diambil bukan perkara yang mudah. Perlu banyak pertimbangan tentunya dari potensi yang dimiliki dan kualitas universitas maupun program studi yang akan diambil. Seperti Universitas Islam Indonesia (UII) yang sudah mendapatkan bintang tiga pada QS Star University Ratings dan Fakultas Ekonomi UII yang sudah meraih nilai akreditasi A dalam Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), hal ini merupakan salah satu cerminan kualitas yang cukup baik yang dimiliki oleh UII sendiri.

Kepercayaan atas kualitas yang dimiliki UII pun dapat dilihat dari antusias para orang tua siswa yang ikut menemani putra-putrinya untuk mendaftarkan diri dan nantinya akan menjadi calon mahasiswa baru di UII. Dari beberapa jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang ada, untuk jalur Paper Based Test (PBT) dan Penelusuran Siswa Berprestasi (PMB) pada minggu ini telah memasuki gelombang akhir yaitu gelombang IV untuk jalur PBT dan gelombang VI untuk jalur Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB). Pendaftaran melalui jalur PBT gelombang IV akan dibuka dari tanggal 14 Juli 2016 hingga 23 Juli 2016, sedangkan Ujian PBT akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2016. Untuk jalur PSB gelombang VI akan dibuka dari tanggal 13 Juli 2016 hingga 20 Juli 2016 dan akan diumumkan pada tanggal 27 Juli 2016 .

 Selain melalui jalur PBT dan PSB, antusias Calon mahasiswa juga terlihat untuk mengikuti jalur Computer Based Test (CBT) yang dibuka setiap hari Senin-Sabtu jam 08.00-14.00 di Gedung Muhammad Adnan (D3 Ekonomi UII-Lantai 1) Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia.  Penerimaan Mahasiswa Baru melalui jalur CBT di Kampus UII masih dibuka hingga 30 Juli 2016. Jalur tes CBT ini adalah salah satu jalur yang dapat dimanfaatkan oleh calon mahasiswa yang tidak mengambil pilihan program studi kedokteran. Memasuki minggu-minggu terakhir Penerimaan Mahasiswa Baru jalur CBT mulai banyak diminati calon mahasiswa baru, hal ini terlihat dari padatnya pendaftar mulai dari Kamis, 14 Juli 2016 hingga Sabtu, 16 Juli 2016.

Membludaknya calon mahasiswa yang ingin melaksanakan tes CBT mengakibatkan pihak UII harus membuka 3 laboratorium komputer untuk pelaksanaan tes. Diperkirakan pendaftar calon mahasiswa baru akan terus bertambah setiap harinya sampai akhir pembukaan tes CBT dilaksanakan. Dari 3 jalur Penerimaan Mahasiswa Baru di UII, biasanya jalur yang paling banyak diminati oleh calon mahasiswa baru adalah jalur CBT. Selain pelaksanaannya di buka setiap hari Senin-Sabtu dan waktu pelaksanaan tesnya yang tidak begitu panjang, selain itu karena minggu-minggu ini sudah merupakan mendekati akhir pembukaan dari  tes CBT.

Setelah menempuh bangku pendidikan SMA, untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi setiap orang harus mempersiapkannya dengan baik. Pendidikan memang sangat penting karena ilmu itu harus selalu ditambah dan ditimbah sampai kapanpun. Tidak hanya demikian, menentukan universitas dan program studi sebagai tempat melanjutkan studi pendidikan butuh pertimbangan yang matang. Karena itu juga berpengaruh terhadap kelangsungan karir kedepannya.