IMG_6824[1] NBulan Agustus merupakan awal bagi mahasiswa baru Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) dalam rangka menyambut mahasiwa baru FE UII dengan perkenalan mengenai dunia kampus dan kemahasiswaaan melalui acara SEMATA (Semangat Ta’aruf) 2016 yang kali bertemakan Membangun Kesadaran Peran dan Fungsi Mahasiswa Sebagai Intelektual Muslim Berlandaskan Ukhuah Islamiah Guna Terwujudnya Kemaslahatan Umat. Acara kali ini tercatat ada 650an mahasiswa baru FE UII yang mengikuti SEMATA yang di laksanakan pada tanggal (20-21/8) bertempat dilapangan parkir FE UII.

Acara ini dibuka langsung oleh Dekan FE UII Dwipraptono Agus Harjito dan Presidium FE UII. Mahasiswa baru FE UII terlihat mengikuti berbagai kegiatan yang telah disusun oleh panitia. Pelaksanaan acara SEMATA tahun ini terbilang tidak berbeda jauh dengan tahun lalu namun hanya memperbaiki kekurangan – kekurangan dari tahun sebelumnya.

Tujuan dilakukannya SEMATA tahun ini diharapkan mampu memperkenalkan ke-UIIan serta tertanam dalam jiwa mahasiswa baru, keislaman dan kelembagaan salah satunya dengan diadakannya Talkshow ke UIIan yang disampaikan oleh Bapak Syafarudin Alwi, materi – materi kelembagaan dan keislaman serta dengan tugas individu bagi mahasiswa – mahasiwa baru berupa menulis essay.

Menurut Abdullah Rosyid W selaku ketua OC SEMATA 2016 pentingnya mengikuti SEMATA yaitu karena dari teman-teman SC, merasa dalam proses menjadi seorang mahasiswa ideal terdapat tahapan – tahapannya, tahapan pertamanya yaitu ta’aruf, sehingga agar menjadi mahasiswa yang ideal di FE UII maka diperlukannya mengikuti acara SEMATA ini.

Serta melalui SEMATA, para mahasiswa baru lebih bisa mengenal UKM dan organisasi-organisasi di Fakultas. Pengenalan UKM dan organisasi Fakultas tersebut menjadi pendukung mahasiswa untuk lebih mengenal aspek yang sesuai dengan soft skill.

Harapan untuk SEMATA yang disampaikan oleh Rosyid adalah teman – teman mahasiswa/i bisa lebih aktif bsia sadar terhadap fungsinya sebagai mahasiswa sehingga ketika di kampus dia dapat mengimplementasikan nilai – nilai yang ada pada UIIdegnan seperti mengikuti lembaga, mengamalkan ajaran Islam, dan memajukan nama UII lebih baik di kancah lokal, nasional, maupun internasional.

Akhir acara di tutup dengan Closing Ceremony yang di hadiri langsung oleh Dekan FE UII, Dwipraptono Agus Harjito dalam sambutannta beliau mengatakan “Mahasiswa harus menjadi agent of changes maka dari itu mahasiswa harus mengasah softskill nya bisa melalui lembaga kemahasiswaan dll proses tersebut bertujuan agar menjadi mahasiswa yang rohmatan lil alamin dan menjadi mahasiswa yang mandiri dalam mencari informasi-informasi terkait akademik”.