2016.9.1. mes dan fe NFakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia bekerjasama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan didukung oleh P.T. First Capital Securitas menyelenggarakan Workshop ar Modal Syariah 2016 bertempat di Gedung FE UII Condong Catur pada Kamis 1 September 2016.

Hadir sebagai pembicara Workshop Kurnia Wiyadimulya dari Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DIY, Hery Gunawan Muhamad Branch Manager PT. First Asia Capital, Hasanuddin dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia dan Dodi Prasetya dari Bursa Efek Indonesia.

Dekan Fakultas Ekonomi yang membuka acara tersebut dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihak Fakultas Ekonomi UII sangat mendukung acara tersebut mengingat antusiasme masyarakat yang sangat tinggi terhadap perkembangan ekonomi syariah. Namun demikian, ia menilai bahwa banyak di kalangan masyarakat yang masih ragu untuk turun di dunia jual beli saham karena dikhawatirkan termasuk gambling.

“Banyak Keraguan dalam pasar modal syariah karena dianggap gambling, maka pasar modal syariah ini diharapkan menjadi alternative bagi masyarakat yang ingin berkecimpung di dunia pasar modal”. Ujarnya.

Kurnia yang merupakan Sekretaris Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DIY menuturkan bahwa MES senantiasa berjuang untuk menjadikan sistem ekonomi Indonesia menjadi ekonomi syariah. Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui dua sektor, selain sektor keuangan MES juga berjuang melalui sektor real.

“MES berjuang melalui sektor real dengan memberikan pelatihan-pelatihan bagi pengusaha-pengusaha agar usaha yang mereka jalankan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.” Ujar Kurnia.

Sumber : uii.ac.id.