IMG_9112 NDalam merintis karir di dunia kerja dibutuhkan academic qualification dan professional qualification yang berguna untuk menunjang jenjang karir profesional. Selain kualifikasi akademik yang dibutuhkan untuk membuka kunci dalam melamar pekerjaan yang diinginkan, profesional qualification berguna bagi perusahaan dalam melihat kompetensi lebih yang dimiliki oleh para pelamar. Salah satu cara yang ditempuh oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII), dalam rangka menyambut free trade yang menyebabkan tingginya persaingan profesi akuntan yaitu dengan memfasilitasi mahasiswanya untuk mendapatkan profesional qualification certificated melalui ACCA.

ACCA (The Association of Chartered Certified Accountant) merupakan lembaga global terbesar di dunia untuk profesional akuntansi dan keuangan. Mahasiswa maupun alumni yang mempunyai sertifikat ACCA ini akan lebih unggul dalam persaingan dunia kerja, bahkan ketika masih dalam tahap ACCA Trainees.

Program studi Akuntansi FE UII mengadakan kembali kuliah umum  mengenai ACCA Info Session dengan tema “Jumpstart Your Career Through Certification and Internships” yang diadakan pada Kamis (15/9) di Aula Utara FE UII. Kuliah umum tersebut, diisi oleh Ina Verina Rosali sebagai Business Relationship Manager at ACCA Indonesia.  Kuliah umum ini dibuka oleh Dekar Urumsah, SE., S.Si, Mcom (IS), PhD selaku Ketua Program Studi Akuntansi FE UII. Kuliah umum ini sudah beberapa kali diadakan dan ditujukan guna mempersiapkan mahasiswa Akuntansi FE UII dalam kompetisi kerja yang ada di ASEAN dengan memberi pengetahuan mengenai persiapan untuk merintis karir dalam persaingan internasional.

“Indonesia membutuhkan 452.000 akuntan yang terkualifikasi, sedangkan Indonesia hanya mempunyai 16.000 akuntan yang tersedia dan rata-rata sudah mendekati usia pensiun.” Kata Ina Verina Rosali, Business Relationship Manager ACCA Indonesia. Hal ini lah yang harus dipersiapkan oleh para lulusan akuntansi agar memiliki kualifikasi ilmu yang mumpuni sehingga dapat bersaing dalam dunia kerja internasioanal.

Adanya profesional qualification certificated dari ACCA membantu para employer dalam mendapatkan internship pekerjaan karena ACCA sudah menjalin kerjasama dan network link internasional dengan beberapa perusahaan antara lain : KPMG, Moores Rowland, Prudential, Unilever, Shell, dan HSBC. Para peserta yang mengikuti ujian kualifikasi ACCA akan mendapat pengakuan secara internasional di lebih dari 180 negara atas kompetensinya di bidang Akuntansi Bisnis, Manajemen Akuntansi, Akuntansi Keuangan, Hukum Bisinis, Manajemen Usaha, Perpajakan, Pelaporan Keuangan, Audit, dan Manajemen Keuangan. Hal ini membuat lulusan dari ACCA memiliki nilai tambah dan lebih siap bersaing dalam kompetisi dunia kerja internasional.