Blank NewsSebagai mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) sudah tentu diharapkan untuk mempunyai kompetensi yang unggul dibandingkan lulusan universitas lain. Salah satu kompetensi unggul yang ada di UII yaitu adanya ERP-systems. Sehingga, dijalinlah hubungan kerjasama antara Universitas Islam Indonesia dengan PT Solman Manunggal Informatika. Dengan penandatanganan MOU pada tanggal 25 Agustus 2016 di kampus UII dalam bidang information teknologi khususnya ERP-systems menandai terjalinnya hubungan kerjasama dan komitmen yang terjadi.

Penandatangan MOU tersebut sebenarnya bertujuan untuk menandai bahwa Universitas Islam Indonesia selalu bekerjasama dengan alumni untuk membentuk karakteristik lulusan Universitas Islam Indonesia.”Mahasiswa kami harus mempunyai kelebihan dibandingkan dengan yang lain,sehingga kerjasama semacam ini diusahakan untuk semakin ditingkatkan karena diharapkan dapat memberikan kompetensi yang unggul terhadap mahasiswa kami dan dapat membantu mahasiswa dalam memahami system yang akan dibangun di Universitas islam Indonesia salah satunya ERP ” sebut rektor Universitas Islam Indonesia,Dr,Ir.Harsoyo,M.Sc.

PT Solman Manunggal Informatika sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang ERP khususnya ECP. Sedangkan Pimpinan PT Solman Manunggal Informatika ,Bapak Helmi F.adalah alumni Universitas Islam Indonesia tahun 2004.”Kami akan mengambil konsep berbagi, Jadi, kami akan membagikan ke teman-teman Universitas Islam Indonesia  berupa kerjasama-kerjasama dan kegiatan taktis yang saling menguntungkan sebagai contoh yaitu seminar,magang mahasiswa dan kuliah umum yang praktisinya dapat didatangkan dari PT Solman.” ujar  Pimpinan PT Solman Manunggal Informatika ,Bapak Helmi F.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan pula prestasi membanggakan yang berhasil dicapai oleh Tim ERP dari UII dalam kompetisi ERP simulation games Asia Pasifik Japan 2016. Anggota dari tim tersebut antara lain Farieza Rahman, Yukafi Kharisma, Indra Kusumartono, dan Muhammad Reza Baihaque dan dari keempat mahasiswa tersebut semuanya adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UII. ERP simulation games sendiri merupakan perlombaan untuk mencapai profit tertinggi dalam sebuah simulasi bisnis. Dalam ERP simulation games Asia Pasifik Japan 2016 ini mereka bersaing di perusahaan retail atau perusahaan logistik yang berfokus pada distribusi. Kemenangan tersebut membuktikan bahwa mahasiswa UII dapat bersaing dengan mahasiwa Universitas lain baik di dalam negeri maupun di kancah dunia. “Walaupun tidak semua orang tahu mengenai ERP tapi bagi saya hal itu bukan hal yang besar. Karena bagi kami, peserta-peserta lomba adalah negara-negara yang jauh dari Indonesia tapi mereka mengakui bahwa UII dan Indonesia itu juara dan berprestasi.” Ujar Farieza Rahman