Blank NewsSeiring dengan bertambah padatnya mobilitas dan produktivitas menyebabkan seseorang menjadi lebih termotivasi dalam bersaing dalam meningkatkan prestasi dan penghargaan duniawi lainnya. Dengan adanya motivasi tersebut tentu kita sebagai manusia diharapkan bisa sekaligus meningkatkan produktivitas dalam kebutuhan akhirat. Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kebutuhan akhirat selain meningkatkan kualitas ibadah wajib adalah dengan menjalankan ibadah yang sunah. Untuk ibadah wajib, hal yang senantiasa kita lakukan setiap hari adalah salat lima waktu. Namun, dalam kesempatan terkadang kita masih memiliki rasa malas dan memilih tidak menjalankan salat secara berjamaah. Salah satu ibadah sunah yang banyak dilakukan saat ini adalah Salat Dhuha. Sangat banyak manfaat yang ada dalam ibadah ini yang menyebabkan banyak orang kini melakukan ibadah sunah tersebut. Demi memfasilitasi kebutuhan tersebut, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) mengeluarkan surat edaran adanya Gerakan Salat Dhuha dan Salat Berjamaah yang diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa dan jajaran FE UII.

Menurut salah satu dosen FE UII Bapak Drs. Arief Bachtiar, MSA, Ak, CA, SAS.,  ajakan untuk salat sunah maupun salat berjamaah sangat positif. Namun, menurutnya terdapat beberapa hal yang perlu dibedakan adalah bahwa bagaimana cara kita melakukannya. “Ada sebuah kaidah yang umum di dalam salat itu, yang pertama salat wajib terutama bagi laki-laki lebih baik dilakukan secara berjamaah. Melakukan salat sunah dan wajib sudah tentu baik, apabila kita melihat dari sisi anjuran itu baik. “  Dengan menjalankan ibadah tersebut menjadi bukti bahwa kita mentaati Agama kita. Dengan mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan serangkaian ibadah wajib dan sunah tentu akan mempermudah berbagai macam urusan duniawi kita sebagai seorang manusia.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan ibadah Salat Dhuha atau rangkaian ibadah sunah lainnya yaitu kita jangan sampai mengesampingkan berbagai kewajiban kita. Hal yang dimaksud dengan kewajiban disini adalah hal-hal yang harus kita kerjakan baik itu bersifat duniawi maupun akhirat. Perlu adanya manajemen waktu yang baik, supaya kita dapat menjalankan ibadah sunah tanpa mengesampingkan hal yang wajib.