img_5085Takmir Masjid Al-Muqtashidin Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia  (FE UII) menyelenggarakan Milad Khatmil Qur’an sekaligus Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H. Acara yang mengangkat tema “ Membangun Karakter Insan Ulil Albab melalui Tadabbur Qur’an dan Keteladanan Nabi Muhammad SAW yang bertempat di Masjdi Al-Muqtashidin FE UII. Hadir pula Wakil Rektor III Dr. Ir. Abdul Jamil, SH., M.H. Acara dibuka oleh Dekan FE UII, Dr. Agus Hardjito, M.Si. dengan pemotongan tumpeng yang menandai satu tahun berjalannya Khatmil Qur’an. Ini merupakan acara rutin yang digelar hari Kamis pada minggu terakhir setiap bulannya. Dalam sambutannya juga disampaikan bahwa salah satu upaya FE UII adalah menumbuhkan nilai – nilai keislaman dalam arus globalisasi. Hal ini menjadi tugas bersama untuk dalam meningkatkan pemahaman Islam bagi mahasiswa yang dapat terus dibawa hingga lulus nanti. (29/12)

Selain peringatan Milad Khatmil Qur’an, diperingati juga Maulid Nabi Muhammad 1438 H. Pengisi ceramah yaitu Ustadz Moh. Hasyim, SH., M.Hum yang merupakan dosen tetap Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Peringatan Maulid Nabi ini menjadi salah satu dari banyak cara dalam meneladani Rasululullah SAW. Membentuk seseorang menjadi insan ulil albab salah satunya dengan cara membaca dan mengamalkan Qur’an. Disebutkan dalam hadis bahwa “Bacalah Al-Quran, kelak ia akan datang di Hari Kiamat memberi syafaat kepada para pembacanya.” (HR. Muslim). Banyak orang yang tidak bisa membaca Al-Qur’an tetapi tidak ada keinginan untuk belajar agar menjadi bisa. Hal ini lah yang seharusnya menjadi perhatian bersama. Mengingat perjuangan Rasulullah SAW yang tidak mudah dalam mendakwahkan Islam.

Khotmil Qur’an yang secara rutin diadakan setiap bulan diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan para mahasiswa dan seluruh civitas akademi FE UII. Berbagai kajian yang juga rutin dilakukan setiap minggu di Masjid Al-Muqtashidin menjadi wadah untuk menambah ilmu keagamaan sesuai dengan visi UII yaitu terwujudnya UII sebagai rahmatan lil ‘alamin, memiliki komitmen pada kesempurnaan dan risalah Islamiyah di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan dakwah Islamiyah.