,

Accounting Team Fathan Mubina, Raih Juara 1 ERPsim Asia Pacific Japan Cup

IMG_9010 N “Alhamdulillah, Accounting Team / Tim Program Studi Akuntansi Fathan Mubina meraih Juara 1 di kompetisi Enterprise Resource Planning Simulation (ERPsim) Asia Pacific Japan Cup 2017.  Kompetisi tahunan ini melibatkan 12 tim yang bersaing dari berbagai negara yaitu Australia, Hong Kong, Indonesia, Korea, Filipina dan Thailand”.

Dra. Primanita Setyono., MBA, Ak., CA, SAP Certified, Direktur ERP Computer Center Program Studi Akuntansi FE UII, menyatakan hal tersebut, seusai menutup kompetisi di Ruang Laboratorium F, Gedung Prof. Dr. Ace Partadireja, Kampus UII Condong Catur Yogyakarta (16 Jumadal Akhirah 1438 H/ 15 Maret 2017).

Accounting Team Fathan Mubina, yang terdiri dari Huda Aulia, Muhammad Guntur Pamungkas, Mara Khawarizmi dan Arif Habibullah, mereka adalah mahasiswa Prodi Akuntansi FE UII angkatan 2014, berhak mendapatkan First Prize – The ERP Sim APJ Cup trophy dengan membawa AUD$500 Cash prize from QUT dan AUD$500 Gift Voucher from HEC Montreal, yang secara simbolis diserahkan Dekar Urumsah, Drs., S.Si, M.Com(IS), Ph.D, Ketua Prodi Akuntansi FE UII didampingi Coach ERPsim Prodi Akuntansi Primanita dan Noor Endah Cahyawati ,S.E., M.Si, SAP. Certified.

“Alhamdulillah, pelajaran penting untuk mahasiswa, kesuksesan dari kegiatan ini adalah meraih Juara 1 itu adalah bonus dari kerja keras. Karena bisnis seperti bisnis yang sesungguhnya, perilaku pasar sangat beragam. Analisis data itu adalah salah satu key succes factor memenangi persaingan pasar, sehingga sebagi pelaku bisnis harus mampu membaca data, baik data di perusahaan maupun data pesaing. Selain itu kompetensi anggota tim dan kerjasama anggota tim, menjadi salah satu hal penting juga, dimulai dari memilih anggota tim, penentuan peran masing-masing  hingga bagaimana kerjasama anggota tim ” ujar Primanita

“Strategi Accountimg Team Fathan Mubina meraih juara, karena unggul di team work, handal menganalisi data perusahaan dan pasar serta pengambilan keputusan yang tepat” tegasnya

Primanita menambahkan “Lesson learned ERPsim Competition APJ CUP 2017 adalah menjadi market leader challenging, karena semakin dominan di pasar maka jumlah pesaingnya semakin banyak, dan apabila posisinya tanggung maka akan mudah goyah dan akan digantikan followers, sementara mengganti strategi baru tidak semudah membalikkan tangan”.

Secara terpisah, Iksan Pamungkas, Asisten Coach ERPsim Program Studi Akuntansi FE UII, menambahkan “Proses seleksi tim berlangsung panjang, dari 18 tim, terpilih melalui kompetisi menjadi 6 tim dan akhirnya menjadi 2 tim. Setiap Tim terdiri dari 4 peserta, mereka mendemonstrasikan bagaimana mengelola perusahaan virtual menggunakan SAP Business Suite on SAP HANA. Selain menjalankan, peserta juga memanfaatkan big data untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dengan SAP Lumira ” pungkasnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply