Perekonomian suatu negara saat ini tidak hanya bergantung pada sektor sumber daya alam saja, namun sudah berkembang pula pada perekonomian berbasis sumber daya manusia contohnya industri kreatif. Di Indonesia, sudah berbagai macam industri kreatif berkembang, potensi kreatifitas masyarakat Indonesia telah menghasilkan beragam usaha kecil menengah atau merek (brand) lokal dari berbagai kota. Bahkan, sudah banyak merek lokal di Indonesia yang menginjak pasar internasional.

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) melalui Entrepreneur Community (EC) sebagai komunitas yang mewadahi ide-ide kreatif mahasiwa yang ingin berkembang dalam industri kreatif menyelenggarakan Indonesian Business Carnival (IBC) ke-5 dengan mengusung tema “Loka Cipta” yang berlangsung selama tiga hari di Pelataran Parkir D1 Jogja Expo Centre (JEC) sejak Jumat (19/05). Acara IBC ke-5 ini diselenggarakan untuk mengenalkan berbagai macam brand lokal di Indonesia.

Pada acara pembukaan IBC, perwakilan Dekan FE UII, Arif Fajar Wibisono, SE., M.Sc menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara atas terselenggaranya acara IBC untuk kelima kalinya. “Panitia telah bekerja keras dan saya mengucapkan selamat dan sukses untuk penyelenggaraan acara IBC ke-5 ini.” tuturnya.

Tema yang diusung IBC Loka Cipta ke-5 sendiri memiliki makna sebagai tempat seniman atau artis menghasilkan karya seni dan sebagai wadah produk-produk lokal khususnya di Kota Yogyakarta. IBC memiliki dua rangkaian acara utama yaitu ekspo dan workshop. Expo IBC menyajikan 50 local creative tenants dan food trucks, lokacipta heroes, education corner, dan live painting. Sedangkan kegiatan workshop terbagi menjadi empat kelas dengan ide produk kreatif yang berbeda-beda. Workshop tersebut difasilitasi oleh Makaryo (membuat Leather Phonecase Crafting Art), Lowpolypaper (membuat Teddy Bear Paper Art), Taman Kecil (membuat Paludarium), dan Desia’s Kitchen (membuat Oreo Cheese Cake Baking). Peserta workshop akan diberikan bahan dan diajarkan cara membuat produk-produk kreatif tersebut. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini juga dihibur oleh banyak bintang tamu.