Kemajuan teknologi yang kian berkembang pesat saat ini tentu menjadi sebuah keuntungan tetapi juga sebuah tantangan tersendiri bagi segala aspek yang bersentuhan langsung dengan teknologi. Terlebih lagi para sarjana khusunya yang berkecimpung dengan bisnis dan ekonomi tentu mengenal System Application and Product (SAP) akan bisa membantu membuka peluang. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) bersama Program Studi (Prodi) Manajemen mempersembahkan sebuah acara Stadium Generale yang mengusung tema “Aplikasi SAP dalam Dunia Bisnis dan Peluang bagi Para Praktisinya” yang bertempat di Ruang P 1/2  Gedung Prof. Ace Partadiredja FE UII pada Jum’at (19/05).  Tujuan diselenggarakan Stadium Generale ialah agar mengetahui bagaimana penerapan atau aplikasi SAP di perusahaan dan melihat peluang-peluang praktisi SAP.

SAP adalah suatu perangkat menejemen dan IT digunakan untuk menunjang perusahaan dalam merencanakan dan merealisasikan kegiatan operasionalnya dengan lebih efektif terutama yang berkaitan dengan keuangan. Melihat perkembangan teknologi yang berkembang pesat tentu saja peluang-peluang tentu akan bermunculan seiring waktu hal-hal yang berkaitan dengan SAP bisa menjadi salah satu jembatannya. Terlebih SAP merupakan market share terbesar di dunia.

Dalam materi yang disampaikan oleh Rahmat Sulistyono, ST, Senior Consultant-Kimia Farma menerangkan mulai dari pengertian dasar mengenai seluk beluk dasar SAP itu, penjelasan mengenai modul-modul SAP, serta menjelaskan bagaimana cara kerja SAP dan komponen-komponen didalamnya mulai dari penggandaan, produksi, keuangan, human capital management, dan marketing. Tentu tidak lupa mengupas mengenai keuntungan-keuntungan dari SAP itu sendiri.

Beliau juga menyampaikan bahwa hard skill sebelum sampai ke suatu barang jadinya yang harus dimiliki setiap individual-individual adalah penggunaan microsoft office, SAP knowledge module area, english language speaking, dan sertifikasi.

Tentu juga ada poin-poin yang dapat digaris bawahi mengenai SAP seperti perkembangan SAP baik nasional dan internasional diperbarui untuk setiap individu, permintaan menjadi konsultan SAP yang sangat luas, harus mengetahui apa saja yang harus dilengkapi dari seorang  fresh graduate dan tentu saja mengetahui mimpi diri masing-masing untuk kedepannya. Mengenali diri sendiri dan mengetahui mimpi serta keinginannya tentu akan sangat membantu untuk mengetahui arah yang akan dituju nantinya.