Tahun ini untuk pertama kalinya Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) melalui ERP Computer Center menyelenggarakan Indonesia Young Thinkers – ERPsim@SMA bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di SMA UII Yogyakarta pada Selasa (7/6). Program ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengajar di SMA khususnya data analisis,IT, bisnis proses, dan soft skill. Pembelajaran yang dilakukan secara khusus menggunakan ERP (Enterprise Resource Planning) Sistem yang sama persis dengan yang digunakan di perusahaan skala enterprise.

Program ini secara langsung didampingi oleh Dra. Primanita Setyono, MBA., Ak., CA., SAP Certified dan Noor Endah Cahyawati, S.E., M.Si., SAP Certified serta Kepala Sekolah SMA UII, Sumaryatin, S.Pd., M.Pd. Beberapa mahasiswa akuntansi juga dilibatkan dalam program ini sebagai mentor ERPsim@SMA. Dalam sambutan Noor Endah disampaikan bahwa program ini untuk mengenalkan siswa-siswi mengenai proses bisnis di dalam suatu perusahaan dengan menggunakan sebuah sistem.

Para siswa sangat antusias dalam mengikuti program ini dimana setiap tim yang terdiri dari tiga siswa bermain game berdagang produk air mineral (distributor) menggunakan ERP Simulation Game. Terdapat tiga hal penting yang harus dilakukan dalam bermain game ini yaitu menjual produk, pengadaan barang, dan menganalisis kinerja perusahaan. Melalui game ini para siswa belajar untuk mengambil keputusan bisnis, menyusun strategi, menganalisis kinerja perusahaan, dan secara langsung (hands-on) menjalankan sebuah perusahaan dengan menggunakan sistem terintegrasi ERP yang dibantu dengan teknologi.

Dalam press conference siang kemarin (8/6) di Ruang Sidang Dekanat FE UII, Primanita juga menyampaikan hal penting bahwa program ini merupakan program pertama kali yang ada di Indonesia, program edukasi dalam rangka menyiapkan generasi muda bekerja di perusahaan digital (digital enterprise). Selain itu, juga diharapkan terjadi terobosan akan kesiapan kualifikasi calon tenaga kerja profesional di Indonesia. Saat ini pelaksanaan program ini masih dalam lingkup SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), harapannya bisa memperluas cakupan SMA di luar DIY.

Pembelajaran ERP di UII sudah dikenal sebagai keunggulan pendidikan di Indonesia, baik dikalangan perguruan tinggi maupun industry. Mahasiswa lulusan UII memiliki pengetahuan lebih mengenai ERP dengan pemahaman bisnis proses yang kuat dan kemampuan dibidang teknologi maupun analitik. Tim akuntansi FE UII pun sudah beberapa kali menjuarai lomba ERPsim ditingkat internasional.