Semakin ketatnya persaingan dalam dunia kerja maka dituntut para mahasiswa mempunyai bekal yang cukup untuk menempuh tantangan dunia kerja di masa depan. Bagi mahasiswa akuntansi tentu salah satu bekal didapati dengan sertifikasi. Dari hal tersebut Prodi Akuntansi menyelenggarakan Kuliah Umum tentang “Becoming ACCA Qualified: Future Careers and Prospects. Association of Chartered Certified Accountans” (ACCA) untuk membagi pengetahuan umum mengenai pentingnya sertifikasi akuntan di dunia kerja. Acara ini diselenggarakan di Aula Utara FE UII pada tanggal 1 Juni 2017. Acara ini terbagi dalam dua sesi dari jam 10.00-12.00 WIB dan 13.00-15.00 WIB yang diikuti oleh segenap mahasiswa akuntansi FE UII.

Ada tiga pembicara dalam kuliah umum ini. Pertama adalah  Adhitya Fadriansyah selaku G&A Sr analyst di ConocoPhillips Indonesia dan salah satu student di ACCA. Pada sesi itu Adhitya membagi pengalamannya selama ia kuliah sampai menjadi seperti sekarang ini. Dalam sesi itu ia membagi tips dan trik dalam menghadapi ujian sertifikasi ACCA.

Adapun pemateri ke dua yaitu Conny Siahaan selaku Country Manager at The Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) Indonesia ia menerangkan tentang profil ACCA yang didirkan di United Kingdom pada tahum 1940. Ia menjelaskan ACCA adalah wadah bagi Akuntan untuk mendapatkan pelatihan dan ujian sertifikasi untuk membuktikan profesionalitas Akuntan. ACCA sendiri sudah diakui di 178 negara dan sudah mempunyai 188.000 member. Ia juga memaparkan data lulusan akuntansi tiap tahun di Indonesia adalah 35.000 lulusan per tahun. Ditambah MEA membuat kesempatan Akuntan peluang terbuka lebar untuk mengahadapi tantangan masyarakat ASEAN. Tentu adanya ACCA bisa menjadi jembatan bagi mahasiswa akuntansi FE UII untuk mendapatkan pengakuan profesionalitas sebagai  akuntan. Di samping itu ACCA juga sudah bekerja sama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI).

Kuliah umum ini ditutup dengan pemateri terakhir oleh Dekar Urumsah, SE., S.Si., M.Com (IS)., Ph.D sebagai kepala program studi Akuntansi FE UII. Ia menjelaskan tujuan menggapai program studi akuntansi bekerja sama dengan ACCA untuk membentuk lulusan mahasiswa akuntansi FE UII yang Go Global.  “Kami pihak kampus dan program studi telah menyiapkan fasilitas dan motivasi. Kalian (mahasiswa) hanya perlu  berjuang dan bekerja keras untuk mengambil kesempatan yang disediakan oleh  ACCA karena pengalaman adalah guru yang beharga” sahut Dekar Urumsah.