Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia bekerja sama dengan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Ekonomi Madrasah Aliyah Negeri Daerah Istimewa Yogyakarta (MAN DIY) menyelenggarakan pelatihan bertajuk Training of Trainer (ToT) Keuangan Syariah untuk para guru ekonomi MAN se-DIY . Acara Training of Trainer ini diadakan selama tiga hari pada 11-13 Juli 2017 yang bertempat di Ruang Sidang Dekanat Gedung Prof. Ace Partadiredja Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII). Tujuan diselenggarakannya acara ToT Keuangan Syariah ialah supaya para peserta dapat lebih memahami dan menguasai mengenai keuangan syariah yang sangat berguna bagi pembelajaran di sekolah maupun untuk perekonomian Indonesia.

Bapak M. Pudail, MSI selaku ketua pelaksana dari kegiatan ini menyampaikan bahwa bersyukur atas dapat terlaksananya kembali acara ini dan pastinya terdapat harapan supaya acara ini dapat bermanfaat dan terus dapat berlanjut-selanjutnya.

“Acara ini merupakan lanjutan dari acara Training of Trainer sebelumnya yang pernah diadakan pada tahun 2015 dan Alhamdulillah tahun ini bisa terlaksana kembali” pungkasnya.

Selama tiga hari peserta Training of Trainer diberikan berbagai materi yang berkaitan dengan keuangan syariah seperti Industri Perbankan Syariah dan Industri Keuangan Non Bank (KNB) Syariah seperti pegadaian syariah, asuransi syariah dan pasar modal syariah. Pemateri yang didatangkan P3EI sendiri berasal dari berbagai lapisan yang ahli dalam bidang ini seperti Kepala Bank Syariah Mandiri, Ombudsman, Perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Semarang dan DIY, Akademisi UII, serta Praktisi dari Pegadaian Syariah dan Asuransi Syariah.

Para peserta yang berjumlah kurang lebih tiga puluh orang guru dari berbagai MAN yang ada disekitar DIY. Terlihat sekali antusiasme pada saat penyampaian materi dan sesi tanya jawab. Seperti yang terlihat dalam tiga hari pelatihan ini banyak sekali respon dan pertanyaan yang di berikan oleh para pesarta pada pembicara untuk dapat menggali lebih dalam lagi mengenai materi yang telah disampaikan. Contohnya saja pada sesi pertama pada hari ketiga yaitu  Nur Setyo Kurniawan perwakilan dari OJK Semarang mendapat banyak sekali pertanyaan dari para peserta pada saat sesi tanya jawab berlangsung. Selain itu lembar evaluasi dari para peserta kebanyakan menyatakan sangat puas atas pelaksanaan ToT Keuangan Syariah ini dan mereka berharap semoga tahun tahun yang akan datang acara ini dapat kembali terlaksana.