Suasana area parkir Stadion Mandala Krida Yogyakarta pada Minggu pagi (30/7) tampak berbeda dari biasanya. Ribuan orang dari berbagai daerah tampak memadati lokasi tersebut untuk mengikuti acara Fun Bike yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia (UII) memperingati miladnya yang ke-74.

Tidak hanya dari Yogyakarta para peserta yang hadir antara lain berasal dari Magelang, Ungaran, Muntilan, Kutoarjo, Solo, Klaten, Sragen, Semarang, Temanggung, Banjarnegara, Wonosobo, Pemalang, Brebes, Malang, Blitar, Tulungagung, Bandung, Medan, Madura dan Nusa Tenggara Timur.

Selain kegiatan Fun Bike, di lokasi area parkir Stadion Mandala Krida juga digelar berbagai kegiatan lainnya seperti Senam Sehat, Bazaar Kuliner, Aneka Games serta Pentas Musik.

Memasuki pukul 06.30 Wib ribuan peserta Fun Bike dilepas oleh Rektor UII, Nandang Sutrisno, SH., LL.M., M.Hum., Ph.D. dan Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo, yang juga ikut bersepeda hingga garis finish kembali di Area Parkir Stadion Mandala Krida.
Adapun rute yng dilalui para pesert Fun Bike antara lain Jl. Gayam, Jl. Dr. Sutomo, Jl. P. Diponegoro, Jl. Kyai Mojo, Jl. HOS Cokroaminoto, Jl. Kapten Tendean, Jl. Bugisan, Jl. MT Haryono, Jl. Mayjen Sutoyo, Jl. Kol. Sugiono, Jl. Taman Siswa, Jl. Kusumanegara, Jl. Ipda Tut Harsono, Jl. Kenari.

Nandang Sutrisno dalam kesempatannya menuturkan, melalui kegitan Fun Bike diharapakan UII bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu ia berharap keberadaan UII juga dapat diterima masyarakat sesuai dengan misi UII menjadi institusi pendidikan tinggi yang rahmatan lil ‘alamin. Milad ke-74 UII mengangkat tema ’Membangun Bumi Pertiwi’ melalui kegiatan positif bagi masyarakat luas.

Sementara disampaikan Abdullah Firman Wibowo, acara Fun Bike ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara UII dan BNI Syariah yang sangat baik, yakni dengan membuat masyarakat lebih sehat. Dalam kesempatan ini BNI Syariah juga turut memberikan sponsorship guna turut memeriahkan acara.

Dalam penyelenggara Fun Bike ini, warga Baturetno Banguntapan Bantul, Ridwan Budiyanto menerima hadiah utama berupa satu unit mobil Honda Brio. Adapun hadiah lainnya yang disediakan seperti 5 paket umroh, 10 sepeda motor Suzuki, 30 sepeda Polygon dan berbagai hadiah hiburan lainnya seperti kulkas, mesin cuci dan LED TV.