International Program Dance Club Universitas Islam Indonesia (IPDC UII) akan kembali berkompetisi dalam ajang internasional setelah sebelumnya mendapatkan 6 penghargaan di 9th International Folklore Festival “INTERFOLK” di Russia. Kali ini tim IPDC UII akan berlaga di Grand Festival “Magic Brides of Vienna and Prague, Traditional Competition” di Prague, Czech dan Vienna, Austria pada 30 Oktober – 3 November 2017.

Dalam acara pembekalan dan pelepasan yang dilaksanakan pada Jum’at (27/10), di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat UII, Wakil Rektor III UII, Ir. Agus Taufiq, M.Sc menyampaikan apresiasi kepada tim IPDC UII karena sudah berlatih dengan giat untuk mewakili UII dan Indonesia di kancah internasional. “Tentu kami sangat bangga, dan sangat mengapresiasi segala usaha yang sudah dilakukan tim IPDC UII untuk bisa mewakili UII dan Indonesia,” tandasnya.

Agus Taufiq menambahkan bahwa apapun kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa, apalagi itu adalah hasil dari kompetisi dan kita mendapatkan penghargaan, maka itu mempunyai nilai yang sangat tinggi sebagai kontribusi dalam pemeringkatan Universitas. “Sekarang pemeringkatan perguruan tinggi dinilai dari berbagai aspek, salah satunya prestasi mahasiswa di ranah internasional,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Kantor Urusan Intenasional UII, Ir. Wiryono Raharjo M.Arch., Ph.D. menyampaikan ungkapan terimakasihnya kepada UII atas segala dukungan baik moril maupun materil sehingga tim IPDC UII bisa kembali berkompetisi di kancah internasional. “Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada pihak rektorat yang telah memberikan dukungan moril dan materil sehingga tim IPDC UII ini bisa kembali berlomba di kancah internasional,” tandasnya.

Ia juga menambahkan bahwa tim IPDC UII yang akan berangkat berjumlah 17 mahasiswa dan 2 orang pendamping yang merupakan dosen program internasional. Disampaikan Wiryono Raharjo, bahwa selain akan berlomba di dua kota, tim IPDC UII juga telah diminta tampil di KBRI Prague karena sedang mengadakan festival Indonesia. “Selain lomba di dua kota, tim IPDC UII ini juga akan tampil dalam festival Indonesia di KBRI Prague,” ungkapnya.

Salah satu anggota IPDC UII menjelaskan bahwa timnya nanti akan menampilkan dua tarian traditional Indonesia yaitu tarian Ratoh Jaroe dan tarian Rampai Aceh. “Di Vienna nanti kami akan menampilkan tarian Ratoh Jaroe sedangkan di Prague kami akan menampilkan tarian Rampai Aceh,” ungkapnya.

Di akhir acara, Agus Taufiq berpesan agar tim IPDC bisa menjaga nama baik UII dan bisa membangun citra UII. Ia pun berpesan agar para anggota tim IPDC bisa memanfaatkan kesempatan yang ada untuk membangun jaringan yang luas agar bisa bermanfaat dikemudian hari. “Saya berharap teman-teman IPDC UII bisa menjaga nama baik di luar negeri dan juga bisa membangun citra UII disana, teman-teman juga harus memanfaatkan kesempatan ini dan membangun mental sang juara agar bisa mengharumkan nama UII,”  tandasnya. (EF/RS)