Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) menyelenggarakan khususnya Program Studi (Prodi) Akuntansi mempersembahkan sebuah acara dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)  yang mengusung tema “Workshop Kurikulum S1 Akuntansi dalam Rangka Mencetak Akuntan Profesional di Era Ekonomi Baru” yang dihadiri oleh kepala prodi akuntansi seluruh Indonesia. Acara tersebut bertempat di Aula Utara Gedung Prof. Ace Partadiredja FE UII pada 10-11 November. Tujuan diselenggarakan workshop ialah untuk mempersiapkan dan meningkatkan kompetensi lulusan SI akuntansi di era digital.

Sebagai pembuka rangkaian acara adalah sambutan dari Nandang Sutrisno, SH., M.Hum., LLM., Ph.D. selaku Rektor UII menyampaikan ucapan selamat datang pada para peserta workshop dan tentu diharapkannya dapat meningkatkan kompetensi karena adanya ketebukaan informasi laporan keuangan serta profesi akuntan haru dapat menurunkan tingkat penghindaran pajak di era digital yang semakin berkembang. Sehingga diperlukan kurikulum yang memadai untuk menyiapkan kader-kader berkualitas.

Selama dua hari, peserta workshop kurikulum S1 akuntansi melakukan penyusunan kurikulum yang berkaitan pencapaian tujuan acara tersebut dimulai dari taksonomi bloom, diagram alur kompetensi, proses pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran, tahap penyusunan RPS, sosialisasi terminal kompetensi per, dan yang terakhir adalah penyusunan RPS. Proses dalam penyusunan tersebut dipandu oleh beberapa narasumber yaitu Prof. Dr. Nunny Nur Afiah, PhD., AK., CA* selaku Ketua IAI Kompartemen Akuntan Pendidik, Dr. Ir. Anak Agung Putri Ratna, Meng., selaku Kasubdit Pengembangan Kurikulum Direktorat Pengembangan Akademik UI, Dr. Vera Diyanti, Ak., CA, selaku Koordinator Program S1 Akuntansi IAI KAPd, dan Abdul Ghofat, DBA., Ak., CA, selaku Tim Perumus KKNI S1 Akuntansi IAI KAPd.

Acara ini juga merupakan bentuk forum diskusi antara anggota IAI dalam penyusunan kurikulum. Dimana terjadi banyak diskusi seperti pertanyaan, masukan, saran, dan lain sebagainya yang berlangsung selama acara ini. Terlihat tekad bulat dan semangat untuk dapat menghasilkan sebuah kurikulum yang berkualitas tuntu saja sangat berguna untuk memajukan pendidikan di Indonesia dalam kontek ini adalah prodi akuntansi S1 seluruh Indonesia.