Agus Harjito dan Jaka Sriyana: Kandidat Calon Rektor dari Fakultas Ekonomi

Masa jabatan Rektor Universitas Islam Indonesia periode antar waktu yang diemban oleh Nandang Sutrisno, SH., M.Hum., LLM., Ph.D. akan segera berakhir pada tahun 2018. Rangkaian proses pemilihan rektor baru mulai digelar. Pada Jumat (23/2) seluruh fakultas di lingkungan UII serentak mengadakan penjaringan bakal calon rektor di tingkat fakultas untuk maju pada pemilihan Rektor UII Periode 2018-2022.

Fakultas Ekonomi melaksanakan proses penjaringan calon rektor pada hari Jumat, 23 Februari 2018, bertempat di Hall Tengah. Pemungutan suara ini diikuti oleh para dosen dan karyawan Fakultas Ekonomi. Acara ini dimulai pukul 08.00 dan selesai pada pukul 10.30, ditutup dengan hasil perhitungan surat suara. Pemilihan ini diikuti oleh Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan jumlah  143 dari 202 dosen dan karyawan dengan total jumlah surat suara sebanyak 213.

Sebelum penjaringan dimulai, Dekan Fakultas Ekonomi UII, Dwipraptono Agus Harjito menyampaikan petunjuk dan tata cara memilih dengan didampingi oleh panitia pemilihan yang juga dosen Fakultas Ekonomi yaitu Rokhedi Priyo Santoso. Proses pemilihan dilakukan dengan cara melingkari bakal calon rektor yang akan dipilih.

Bakal calon Rektor UII periode 2018-2019 yang berasal dari Fakultas Ekonomi berjumlah 9 (sembilan) orang. Berikut adalah nama-nama calonnya dengan berdasarkan urutan nomor, yaitu : Agus Widarjono, Drs., M.A., Ph.D. ; Akhsyim, Drs., MA.Ec., Ph.D.; Asmai Ishak, Drs., M.Bus., Ph.D; Dwipraptono Agus Harjito, Dr., M.Si.; Jaka Sriyana, Dr., S.E., M.Si.; Munrokhim, Drs., MA.Ec.,Ph.D.; Nur Feriyanto, Dr. Drs., M.Si.; Sutrisno, Dr., Drs., M.M.; Zaenal Arifin, Dr., M.Si. Menurut peraturan yang berlaku, jika jumlah bakal calon rektor yang diusung setiap fakultas lebih dari 5 (lima) calon maka akan diambil 2 (dua) calon dengan suara terbanyak untuk diajukan di tingkat pusat atau universitas. Akan tetapi jika jumlah calon rektor yang diusung fakultas kurang dari 5 (lima) calon maka yang diambil hanya 1 (satu) calon dengan suara terbanyak.

Pada pukul 10.00 WIB proses penjaringan bakal calon rektor resmi ditutup dan dilanjutkan dengan sesi penghitungan surat suara yang dipandu oleh saksi M. Bekti Hendrie Anto dan Gaib Suwasana. Hasil penghitungan surat suara menunjukkan bahwa bakal calon rektor dengan nomor urut empat, Dwipraptono Agus Harjito menempati posisi tertinggi dengan perolehan 41 suara. Sedangkan urutan suara terbanyak kedua diraih oleh Jaka Sriyana dengan hasil perolehan 35 suara. Dari proses penjaringan ini, Agus dan Jaka telah ditetapkan sebagai bakal calon rektor terpilih dan akan mengikuti tahapan proses pemilihan rektor selanjutnya.