Peluang CPA Australia Bagi Mahasiswa Akuntansi

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) bersama Program Studi Akuntansi mempersembahkan sebuah acara kuliah umum yang mengusung tema “Pentingnya Profesional Qualification untuk Akuntan” yang bertempat di Aula Utara Gedung Prof. Ace Partadiredja FE UII pada Selasa (13/03).  Tujuan diselenggarakan kuliah umum ini  ialah supaya dapat mengenalkan bahwa peluang untuk seorang professional bagi seorang akuntan adalah hal yang penting dan sangat dibutuhkan dalam persaingan industri saat ini. Kuliah umum pada siang hari ini dibuka dengan sambutan dari Dekan FE UII, Dr. Dwipratono Agus Hardjito M.Si. Dalam acara ini dihadiri oleh pembicara-pembicara yang ahli pada bidangnya yaitu Mark Chau (Regional Manager, Acquisition International & Emerging Market CPA Australia), Reza Havies (Country Manager CPA Australia Indonesia), dan Aryo Lukito Sudjarwo (Business Develoment Manager CPA Australia Indonesia).

Persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis saat ini secara tidak langsung mendorong mahasiswa akuntansi untuk bisa memiliki kualitas yang lebih dibandingkan dengan mahasiswa yang lain supaya dapat bersaing dalam dunia kerja. Bahkan saat ini pandangan industri terhadap kompetensi seorang individu juga sangat diutamakan. Maka dari itu, agar seorang mahasiswa siap bersaing dalam dunia kerja harus memiliki bekal yang lebih untuk meingkatkan kompetensi dalam dirinya, Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi dan keunggulan tersebut ialah dengan memiliki sertifikasi professional akuntan.

Certified Practising Accountant (CPA) Australia merupakan salah satu program sertifikasi profesional akuntan yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa akuntansi yang menawarakn banyak manfaat untuk mengingkatkan kompetensi dan keunggulan pengetahuan pada bidang akuntansi. Melalui program ini, mahasiswa dapat belajar mengkombinasikan pengetahuan akuntansinya dengan kepemimpinan, strategi bisnis, dan bahkan bisnis internasional. Selain itu, program CPA Australia ini juga dapat memberikan pengalaman praktik yang bisa meningkatkan keterampilan dalam berkarir.

Pada kuliah umum kali ini, kuliah umum ini ditujukan kepada mahasiswa akuntansi tingkat akhir namun juga sangat terbuka untuk mahasiswa angkatan baru karena berguna sebagai persiapan awal supaya memiliki informasi dan wawasan yang luas mengenai sertifikasi CAP Australia. Acara tersebut juga terbuka untuk umum dan dihadiri oleh beberapa dosen eksternal, yaitu dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dalam waktu dekat ini Prodi Akuntansi juga akan membuka test center CPA Australia bagi mahasiswa akuntansi yang berminat. Melalui kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan peluang bagi mahasiswa akuntansi memiliki sertifikasi professional untuk membantu mempersiapkan para calon sarjana akuntansi.