Penyampaian Rencana Aksi Calon Dekan

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar Penyampaian Rencana Aksi calon dekan FE UII periode 2018-2022. Acara ini di hadiri oleh seluruh perangkat FE UII baik dari dosen, karyawan hingga mahasiswa. Berikut adalah nama-nama calon dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) periode 2018-2022.

  1. Akhsyim Afandi Drs., MA., Ph.D
  2. Dwi Praptono Agus Harjito Dr.M.Si
  3. Jaka Sriyana S.E M.Si., Ph.D

Acara ini di awali oleh sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) yang di wakili oleh Suharto ,S.E., M.Si. selaku wakil dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) periode 2014-2018 dan juga sekaligus membuka acara kali ini. Pemaparan Rencana Aksi oleh calon dekan ini sangatlah penting karena akan berkaitan dengan program kerja kedepan oleh dekan terpilih. Pesan yang di berikan oleh Suharto ,S.E., M.Si. dalam sambutannya adalah,”Seorang pemimpin harus memiliki empat sifat ketika memimpin suatu organisasi yaitu, sifat shidiq, tabligh, amanah, fatonah”. Beliau juga menyampaikan harapannya yaitu, “ semoga Fakultas Ekonomi semakin baik, maju dan terus berkembang”.

Pemaparan Rencana Aksi calon dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) ini di moderatori oleh MB Hendri Anto. Kesempatan pertama untuk menyampaikan action plan kali ini di berikan oleh moderator kepada Akhsyim Afandi Drs., MA., Ph.D. Beliau memberikan judul untuk action plan-nya yaitu “Sebuah catatan kecil untuk perbaikan Fakultas Ekonomi”. Disini beliau membahas tentang isu-isu strategis yaitu status UII 2018 tentang struktur baru fakultas, action plan calon rektor terpilih, visi misi dan tujuan Fakultas Ekonomi UII, era dirupsi oleh revolusi TI, peringkat Universitas Islam Indonesia (UII) 52 (kemenristekdikti),2016. Karena hal-hal tersebut yang akan mempengaruhi perkembangan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII).

“Mengoptimalisikan potensi menuju reputasi international melalui implementasi nilai-nilai islam”, ini adalah pokok bahasan yang di paparkan oleh Dwi Praptono Agus Harjito Dr.M.Si dalam penyampaian action plan-nya. Beliau juga menyampaikan rencana kerja yang akan di kerjakan untuk membungun reputasi Universitas Islam Indonesia (UII) kedepan sebagai berikut:

  1. Pembenahan organisasi
  2. Penguatan SDM dan nilai-nilai
  3. Kurikulum dan distance learning
  4. Penguatan infrastruktur dan IT
  5. Implementasi kerjasama.

Terakhir adalah penyampain action plan dari Jaka Sriyana S.E M.Si., Ph.D. beliau memberikan judul pada action plan-nya  yaitu “Meningkatkan reputasi akademik dan karakter islami”. Beliau menyusun action plan-nya dengan menggunakan kerangka dasar meliputi Visi, Misi, dan Tujuan UII serta Action Plan Rektor terpilih. Dalam kesempatannya ketika menyampaikan action plan-nya beliau juga memaparkan program-program utama maupun program-program secara detil dalam rangka penyusunan Road Map Action Plan sebagai berikut.

  1. Program Utama tahun 2018-2019: Pengembangan Sistem dan Infrastruktur Akademik dan Pelayanan.
  2. Program Utama tahun 2020: Peningkatan kinerja pelayanan dan akademik dosen dan mahasiswa
  3. Program Utama tahun 2021: Peningkatan kolaborasi Internasional untuk penguatan pendidikan dan publikasi.
  4. Program Utama tahun 2022: Peningkatan reputasi akademik dan international recognation.

Setelah penyampaian action plan dari seluruh calon Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) periode 2018-2022, moderator memberikan kesempatan pada audiance untuk menyampaikan tanggapan dan pertanyaan terkait pemaparan dari action plan calon dekan tersebut.