Akhiri Periode dengan Syawalan dan Silaturahmi

 

Hari ini, Minggu (1/7) Euphoria Hari raya Idul Fitri 1439 H masih terasa bagi Umat Muslim di dunia khususnya di Indonesia. Tidak sedikit dari mereka merayakan hari kemenangan tersebut dengan gegap gempita karena berhasil melaksanakan kewajiban ibadah puasa di Bulan Ramadhan.  Salah satu tradisi khas muslim Nusantara dalam memeriahkan Idul Fitri adalah acara  Syawalan. Suatu kebiasaan yang hanya ada di tanah air sebagai ungkapan untuk saling memaafkan atas kesalahan yang pernah dilakukan dalam satu tahun terakhir

Atmosfer tersebut juga masih sangat terasa di Fakultas Ekonomi UII, terbukti dengan diadakannya acara rutin tahunan yaitu “Senam Pagi, Silaturahim Syawalan, dan Pamitan Haji” yang bertempat di Kampus FE UII, Jalan Prawiro Kuat, Condong Catur, Depok, Sleman. Dalam acara ini dihadiri juga perwakilan dari pengurus badan wakaf, Rektor beserta jajarannya, dekan, wakil dekan, masyarakat sekitar FE UII, serta segenap keluarga besar civitas akademik FE UII.

Mentari yang cukup bersinar turut menghiasi langit pagi hari tadi menjadi lebih istimewa. Tahun ini memang cukup special jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika di tahun sebelumnya tidak ada senam, tahun ini acara Syawalan dibuka dengan semangat olahraga dengan dipadukannya music dengan sangat meriah dan penuh canda tawa. Bukan tanpa alasan, diadakannya senam merupakan sebuah rangkaian milad Universitas Islam Indonesia ke 75. FE UII pun turut mengundang instruktur senam untuk mengatur jalannya senam pagi yang dimulai pada pukul 06.30 WIB di halaman depan Kampus FE UII. Setelah senam selesai, dilanjutkan dengan acara syawalan yan bertempat di Hall tengah FE UII.

Acara syawalan dibuka dengan khidmat dengan pembacaan basmalah yang dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Hidayatul Rahman, SE, MM. Sambutan yang pertama diberikan oleh Ketua Panyelenggara acara yang juga Wakil Dekan FE UII, Suharto, S.E, M,SE. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat lebaran, permohonan maaf lahir batin serta memperkenalkan Dekan dan Wakil dekan terpilih yang seharusnya dilantik pada tanggal ini namun harus ditunda karena bukan hari kerja. Beliau juga berpesan kepada dekan dan wakil dekan yang baru untuk amanah dan berharap di periode yang baru bisa mengambil hal-hal yang positif dan membuang hal-hal yang negative dari periode sebelumnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus tausiyah oleh Agus Harjito, M.Si selaku Dekan FE UII. Dalam sambutannya beliau kembali memperkenalkan Dekan serta Wakil Dekan terpilih di periode mendatang. Selain itu beliau juga berpesan dalam tausiyahnya bahwa dalam melaksanakan semua perkerjaan harus dilandasi dengan tiga hal utama, yaitu rasa syukur, ikhlas dan istiqomah. Harapannya pada periode dekan yang baru dapat menjalakan pekerjaan dengan amanah yang telah disampaikan dengan dilandasi tiga hal tersebut. selain itu, beliau juga memohon pamit sebagai dekan dan memohon maaf jika selama mengemban amanah banyak melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja dan menyampaikan ucapan selamat dan mendoakan kepada calon jamaah haji yang mau berangkat pada bulan Agustus mendatang agar menjadi haji yang mabrur.

Memasuki akhir acara doa dipimpin oleh Achmad Thohirin. Setelah itu dalam acara silaturahim dan syawalan ini juga dilanjutkan dengan berjabat tangan saling memaafkan oleh seluruh civitas akademika FE UII secara bergantian dan akhirnya ditutup dengan acara ramah-tamah yang telah disediakan di lapangan sorak FE UII.