Akreditasi Program Studi: B

Perubahan lingkungan yang semakin cepat akan menjadikan mental model yang selama ini dipahami, cepat  menjadi kedaluarsa karena tidak mampu lagi menjelaskan perkembangan di banyak bidang. Hubungan-hubungan menjadi kompleks dan sulit diprediksi dengan alat-alat pemrediksi yang ada. Hal ini terjadi baik di dunia bisnis maupun di masyarakat.

Di dunia bisnis para pengusaha akan mengalami kesulitan dalam memahami perubahan yang terjadi pada perilaku konsumen dan mengantisipasi reaksi pesaing. Kalangan akademisi dituntut mencari format dan formulasi teori baru untuk menjelaskan fenomena tersebut. Di pemerintahan, terjadi perubahan perilaku masyarakat yang perlu diperhitungkan dalam setiap pengambilan kebijakan, baik di tingkat regional maupun nasional.

Beranjak dari kondisi tersebut, maka peningkatan kualitas sumber daya manusia mutlak harus dilakukan di berbagai bidang. Akademisi di tuntut untuk bias memperbaharui, mengembangkan, dan menyempurnakan ilmu yang dikuasainya. Di pemerintahan, semakin dirasakan pentingnya tenaga-tenaga perumus konsep, perencana, maupun pelaksana pembangunan yang handal, visioner, tajam, dan kreatif. Perubahan ini juga mengharuskan aparat pemerintah untuk memahami suatu fenomena dengan perspektif lintas keilmuan: ekonomi baik mikro maupun makro, manajemen, politik dan sosial sehingga dapat mengimplementasikannya dalam berbagai kebijakan.

Program Doktor Ilmu Ekonomi Pascasarjana Fakultas Ekonomi UII tertantang untuk menjawab tuntutan yang disebut di muka. Saat ini Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menawarkan 3 (tiga) konsentrasi program studi, yaitu Ilmu Manajemen, Ilmu Ekonomi Islam dan Kebijakan Publik, serta Ilmu Akuntansi. Ketiga konsentrasi tersebut merupakan jawaban yang tepat bagi para birokrat, akademisi, maupun para pengambil keputusan yang ingin menyempurnakan kemampuannya dalam menghadapi tantangan perubahan. Program ini memberi bekal melalui kekuatan dan kedalaman kurikulum dan proses belajar mengajar yang intensif yang dilaksanakan oleh para akademisi pakar lulusan dalam negeri maupun luar negeri.

KONSENTRASI ILMU MANAJEMEN
KONSENTRASI ILMU EKONOMI
KONSENTRASI ILMU AKUNTANSI

Persyaratan & Pendaftaran

  1. Lulus sarjana (S1) dan magister (S2) dari semua bidang ilmu, dengan IPK S1 minimum 2,75 dan S2 minimum 3,00. Ijazah yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari DIKTI.
  2. Menyerahkan sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA) dengan skor minimum 550 dan sertifikat TOEFL dengan skor minimum 500. Jika calon mahasiswa belum memiliki, tes TPA dapat ditempuh di PPS FE UII setiap saat.
  3. Menyerahkan esai singkat mengenai topik disertasi yang akan ditulis.
  4. Melampirkan 2 (dua) surat rekomendasi dari orang yang mengetahui kemampuan akademik calon mahasiswa.
  5. Pengambilan dan penyerahan formulir pendaftaran dapat dilakukan setiap saat pada hari kerja Senin s/d Jumat jam 08.00 – 16.00 WIB atau melakukan pendaftaran secara daring (online) disini.
  6. Membayar biaya pendaftaran di Bank Bukopin Yogyakarta nomor rekening 1000116048 a.n. Program MM UII atau Bank Mandiri KCP UNY Yogyakarta nomor rekening 137-0002176556 a.n. Universitas Islam Indonesia qq MM UII atau langsung ke Bagian Keuangan PPs FE UII (baik pembayaran tunai maupun menggunakan kartu kredit), dengan menunjukkan surat panggilan.

Sekretariat & Tempat Studi

Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia
Gedung Prof. Dr. Ace Partadiredja, Kampus Fakultas Ekonomi UII (Lantai 2)
Ringroad Utara, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp: (0274) 883525  Fax: (0274) 883526