Sekilas Tentang FE UII
>>> Kembali ke Beranda

Selamat datang dan selamat bergabung menjadi keluarga besar Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia. Saat ini Fakultas Ekonomi UII memiliki program studi Diploma 3 (D3), tiga program studi Strata-1 Reguler (S1) yaitu Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi dan Program Studi Ilmu Ekonomi, International Program (IP) Strata-1, Program Pasca Sarjana S2 yang meliputi Magister Manajemen (MM), Magister Ekonomi Keuangan (MEK) dan Magister Akuntansi (MAKSI), serta Program Doktor Ilmu Ekonomi.

Kampus Ekonomi UII adalah lingkungan yang memadukan kenyamanan lingkungan dan suasana akademik yang baik. Fasilitas akademik dan kemahasiswaan tersedia dengan baik di lingkungan kampus ini. Penerapan sistem manajemen mutu yang konsisten menjadikan proses kegiatan akademik di kampus Ekonomi UII terencana dan terjamin pelaksanaannya. Keberadaan laboratorium di masing-masing program studi mendukung pembelajaran dan pengembangan keilmuan yang komprehensif.

SEJARAH & PERKEMBANGAN

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) didirikan oleh Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia pada tanggal 10 Maret 1948 (27 Rajab 1367H), dan kemudian dikukuhkan dengan akte Notaris RM. Wiranto No. 9 tertanggal 21 Desember 1951. Pada awal berdirinya, FE UII memiliki tiga jurusan  (program studi) yaitu: Jurusan Ketatanegaraan, Jurusan Umum, dan Jurusan Perusahaan. Pada tahun 1964,  Jurusan Ketatanegaraan dan Jurusan Umum ditutup. Dengan demikian, selama tahun 1964 sampai dengan tahun 1980 FE UII hanya memiliki satu Jurusan yaitu Jurusan Perusahaan.

Seiring dengan laju pembangunan di Indonesia dan perkembangan ilmu pengetahuan, pada tahun akademik 1980/1981 FE UII membuka Jurusan Akuntansi. Kemudian pada tahun akademik 1990/1991 FE UII membuka Jurusan Ilmu Ekonomi. Sampai saat ini FE UII memiliki tiga jurusan, yang kini disebut sebagai program studi, yaitu: (1) Program Studi Manajemen; (2) Program Studi Akuntansi; dan (3) Program Studi Ilmu Ekonomi.

Dalam rangka menyongsong era globalisasi, pada tahun akademik 1996/1997 Fakultas Ekonomi membuka Program Internasional (International Program/IP). Pada awalnya,  IP FE UII menawarkan dua program studi : (1) Program Studi Manajemen (Management Department) dan (2) Program Studi Akuntansi (Accounting Department). Pada tahun akademik 1999/2000, IP FE UII membuka juga untuk Program Studi Ilmu Ekonomi (Economics Department). IP FE UII merupakan program internasional pertama di Indonesia untuk pendidikan bisnis dan ekonomi di jenjang sarjana (S1).

SISTEM PENDIDIKAN

Sistem pendidikan dan pengajaran yang diselenggarakan oleh FE UII dituangkan di dalam sebuah kurikulum yang dirancang sesuai dengan kompetensi lulusan yang ingin dicapai. Evaluasi kurikulum dilakukan setiap empat tahun untuk menyesuaikan dengan perkembangan keilmuan. Penyesuaian kurikulum juga dilaksanakan sebagai respon adanya peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang mengharuskan kurikulum semua program studi diubah dan disesuaikan dengan beberapa peraturan yang ada seperti Undang-Undang Pendidikan Tinggi No. 12 Tahun 2012; Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) yang dimuat dalam Keputusan Menteri No. 49 Tahun 2014 dan revisinya yang dimuat dalam Peraturan Kemenristek no. 44 tahun 2015. Saat ini, seluruh program studi di Fakultas Ekonomi UII menerapkan Kurikulum 2016.