Selamat datang dan selamat bergabung menjadi keluarga besar Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia. Saat ini Fakultas Ekonomi UII memiliki program studi Diploma 3 (D3), tiga program studi Strata-1 Reguler (S1) yaitu Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi dan Program Studi Ilmu Ekonomi, International Program (IP) Strata-1, Program Pasca Sarjana S2 yang meliputi Magister Manajemen (MM), Magister Ekonomi Keuangan (MEK) dan Magister Akuntansi (MAKSI), serta Program Doktor Ilmu Ekonomi.

Kampus Ekonomi UII adalah lingkungan yang memadukan kenyamanan lingkungan dan suasana akademik yang baik. Fasilitas akademik dan kemahasiswaan tersedia dengan baik di lingkungan kampus ini. Penerapan sistem manajemen mutu yang konsisten menjadikan proses kegiatan akademik di kampus Ekonomi UII terencana dan terjamin pelaksanaannya. Keberadaan laboratorium di masing-masing program studi mendukung pembelajaran dan pengembangan keilmuan yang komprehensif.

SEJARAH & PERKEMBANGAN

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) didirikan oleh Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia pada tanggal 10 Maret 1948 (27 Rajab 1367H), dan kemudian dikukuhkan dengan akte Notaris RM. Wiranto No. 9 tertanggal 21 Desember 1951. Pada awal berdirinya, FE UII memiliki tiga jurusan  (program studi) yaitu: Jurusan Ketatanegaraan, Jurusan Umum, dan Jurusan Perusahaan. Pada tahun 1964,  Jurusan Ketatanegaraan dan Jurusan Umum ditutup. Dengan demikian, selama tahun 1964 sampai dengan tahun 1980 FE UII hanya memiliki satu Jurusan yaitu Jurusan Perusahaan.

Seiring dengan laju pembangunan di Indonesia dan perkembangan ilmu pengetahuan, pada tahun akademik 1980/1981 FE UII membuka Jurusan Akuntansi. Kemudian pada tahun akademik 1990/1991 FE UII membuka Jurusan Ilmu Ekonomi. Sampai saat ini FE UII memiliki tiga jurusan, yang kini disebut sebagai program studi, yaitu:

  1. Program Studi Manajemen
  2. Program Studi Akuntansi
  3. Program Studi Ilmu Ekonomi

Dalam rangka menyongsong era globalisasi, pada tahun akademik 1996/1997 Fakultas Ekonomi membuka Program Internasional (International Program/IP). Pada awalnya,  IP FE UII menawarkan dua program studi : (1) Program Studi Manajemen (Management Department) dan (2) Program Studi Akuntansi (Accounting Department). Pada tahun akademik 1999/2000, IP FE UII membuka juga untuk Program Studi Ilmu Ekonomi (Economics Department).

LANDASAN NILAI

Visi UII

Terwujudnya Universitas Islam Indonesia sebagai  rahmatan lil’alamin, memiliki komitmen pada kesempurnaan dan risalah Islamiyah di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan dakwah Islamiyah.

Misi UII

Menegakkan Wahyu Illahi dan Sunnah Nabi sebagai sumber kebenaran abadi yang membawa rahmat bagi alam semesta melalui pengembangan dan penyebaran ilmu, teknologi, budaya dan seni yang berjiwa Islam, dalam rangka membentuk cendekiawan muslim dan pemimpin bangsa yang bertaqwa dan berakhlaq mulia, yang mempunyai keunggulan dalam keilmuan ke-islaman, kepemimpinan, keahlian profesional dan kemandirian, berilmu amaliah, dan beramal ilmiah.

Kebijakan Mutu UII

Universitas Islam Indonesia sebagai Universitas bermutu menghasilkan lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat, menguasai ilmu keislaman dan mampu menerapkan nilai-nilai Islami serta berdaya saing tinggi.

Sasaran Mutu UII

1.    Berkarya dalam tahun pertama minimal 70%
2.    Tepat waktu studi minimal 80%
3.    Indeks Prestasi MKKU bidang agama = 3,00 minimal 90%
4.    Nilai praktek ibadah dengan hasil “baik” minimal 90%
5.    Nilai Latihan Kepemimpinan Islam Dasar dengan hasil “baik” minimal 90%

SISTEM PENDIDIKAN

Sistem pendidikan dan pengajaran yang diselenggarakan oleh FE UII mengacu pada Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan R.I. sesuai dengan SK Menteri No. 056/V/1994. Dengan tidak meninggalkan ciri sebagai lembaga pendidikan  tinggi Islam,  kurikulum dan silabus yang digunakan FE UII disusun berdasarkan keputusan SK Menteri Pendidikan Nasional No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan penilaian Hasil Belajar serta SK No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

Sistem Satuan Kredit Semester (SKS) diterapkan di FE  UII sejak tahun akademik 1980/1981 untuk jenjang sarjana pada Prodi Akuntansi dan Prodi Manajemen. Program Studi llmu Ekonomi yang berdiri pada tahun akademik 1990/1991 langsung menerapkan sistem SKS. Dengan demikian, pada tahun akademik ini semua program studi di FE UII telah melaksanakan sistem satuan kredit semester. Adapun  jumlah SKS untuk setiap program studi di FE  UII pada jenjang S1 adalah sebagai berikut:

  1. Program Studi Manajemen        144 SKS
  2. Program Studi Akuntansi           144 SKS
  3. Program Studi Ilmu Ekonomi    144 SKS